VIDEO: Menteri Perhubungan Tinjau Makassar New Port

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, meninjau lansung pembangunan Makassar New Port, di Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, meninjau lansung pembangunan Makassar New Port, di Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, utara kota Makassar, Rabu (20/3/2019).

Dalam lawatannya, Budi Karya disambut Gubernuru Sulsel Nurdin Abdullah dan Direktur Pelindo IV Makassar, Farid Padang.

Baca: Belum Diresmikan Jokowi, Pelindo IV Datangkan 8 Unit RTG ke Makassar New Port (MNP)

Baca: FOTO: Menteri Perhubungan Pantau Makassar New Port

Farid Padang memaparkan, secara total hingga 19 Maret 2019, realisasi fisik pembangunan Makassar New Port Tahap I realisasi agregate-nya sudah mencapai 95,65%. Dengan rincian, Tahap 1 Paket A progressnya sudah 100%, Paket B mencapai 96,19% dan Paket C sudah 85,76%.

"Saat ini, di Tahap I Paket B sedang dilakukan pekerjaan revetment, pengecoran jalur RTGC, pekerjaan perkerasan paving block dan rigid serta pengerukan. Sedangkan di Paket C sedang dilakukan finishing top layer," kata Farid.

Farid menjelaskan, pada Sabtu (16/3/2019), pihaknya kembali mendatangkan delapan unit Rubber Tyred Gantry (RTG) Crane di Makassar New Port (MNP) sebagai salah satu bentuk komitmen yang kuat dari Pelindo IV untuk menunjukkan kepada masyarakat di Indonesia Timur bahwa pelabuhan besar telah hadir.

"Karena saat ini MNP sudah melayani sekitar 50 kapal lebih dan sudah banyak yang meminati pelabuhan baru ini. Sudah banyak perusahaan pelayaran maupun pemilik barang yang sangat interest untuk melakukan kegiatan operasional kapalnya di pelabuhan baru dan hub di Indonesia Timur ini," ujar Farid.  

Dengan kedatangan 8 unit RTG Crane, total saat ini MNP memiliki 28 unit alat yang terdiri dari 2 unit Ship to Shoe (STS) Crane, 10 unit RTG Crane, 2 unit Reach Stacker 45 Ton, 1 unit Forklift 32 Ton, 1 unit Forklift 7 Ton dan 12 unit Terminal Tractor.

Menurutnya, 8 unit RTG yang baru didatangkan tersebut untuk percepatan produktivitas baik di lapangan maupun di dermaga.

Hal itu juga menunjukkkan kerja keras Pelindo IV dalam rangka menyukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN), yang sedang disiapkan untuk diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved