Disiarkan Media, Azan Berkumandang di Penjuru Selandia Baru Besok

Perdana Menteri Jacinda Ardern memerintahkan pengheningan cipta selama dua menit diadakan sebagai bentuk penghormatan bagi 50 korban tewas.

Disiarkan Media, Azan Berkumandang di Penjuru Selandia Baru Besok
Tribun Wow
Masjid Al Noor, Riccarton. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Jumat besok (22/3/2019), genap sepekan peringatan aksi teror penembakan di dua masjid di Chrischurch, Selandia Baru.

Perdana Menteri Jacinda Ardern memerintahkan pengheningan cipta selama dua menit diadakan sebagai bentuk penghormatan bagi 50 korban tewas.

Diwartakan NZ Herald Rabu (20/3/2019), PM berusia 38 tahun tersebut mengumumkan kebijakan itu ketika kembali berkunjung ke Chrischurch.

"Ada keinginan untuk menunjukkan dukungan kepada masyarakat Muslim apabila mereka kembali ke masjid-masjid, khususnya pada Jumaat (ini)," kata Ardern.

Dalam kesempatan terpisah, dua media pemerintah Radio NZ dan TVNZ dilaporkan bakal menyiarkan azan untuk menghormati para korban saat insiden pekan lalu (15/3/2019).

Dua menit mengheningkan cipta dipilih karena tragedi yang terjadi sangat besar.

Baca: Ketika Kelompok Geng Motor Paling Ditakuti Ikut Menjaga Lokasi Penembakan Masjid di Selandia Baru

Baca: 4 Fakta Tentang Masjid Al Noor Chrischurch yang Diserang Teroris di New Zealand

Selain itu juga memperingati ledakan di Pike River pada 2010.

Ardern mengatakan, keputusan menggelar mengheningkan cipta setelah upacara pemakaman pertama, dua korban yang berasal dari Suriah, dilaksanakan.

PM perempuan termuda di Selandia Baru itu menyebutkan, kedua korban yang merupakan pengungsi itu datang karena menganggap mereka aman.

Perana Mentri Selandia Baru Jacinda Adern
Perana Menteri Selandia Baru Jacinda Adern (AFP)

"Saya tidak bisa memberi tahu perasaan saya ketika tahu ada keluarga yang datang ke sini untuk perlindungan. Mereka seharusnya aman di sini," keluh Ardern.

Halaman
1234
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved