Bupati A Seto Gadhista Asapa Diperiksa Di Rujab, Bawaslu Sinjai: Ini Sistem Jemput Pemeriksaan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengklarifikasi pemeriksaan kepada seorang saksi Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asap

Bupati A Seto Gadhista Asapa Diperiksa Di Rujab, Bawaslu Sinjai: Ini Sistem Jemput Pemeriksaan
Syamsul Bahri/Tribunsinjai.com
Ketua Bawaslu Sinjai A Rusmin Kayyung. 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengklarifikasi pemeriksaan kepada seorang saksi Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa yang ditempatkan di rumah jabatan hupati pada Senin (18/3/2019) lalu.

Pemeriksaan A Seto Gadhista Asapa di rumah jabatan disayangkan banyak orang Sinjai. 

Terkait dengan kelarifikasi pemeriksaan, Ketua Bawaslu Sinjai menjelaskan pemeriksaan tidak hanya dilakukan di kantor Bawaslu.

Tetapi bisa dilakukan di tempat lain agar dapat memperlancar pemeriksaan maka Bawaslu menggunakan sistem jemput pemeriksaan.

"Perlu saya jelaskan bahwa bukan hanya alasan kesibukan bupati sehingga diklarifikasi di Rujab Bupati dalam hal penanganan laporan atau temuan terhadap dugaan pelanggaran Pemilu, maka kami di Bawaslu memiliki kewenangan untuk mengudang klarifikasi baik terlapor, pelapor serta saksi untuk memastikan kesesuaian antara laporan atau temuan dengan fakta yang ada agar bisa memastikan apakah memang secara fakta ada pelanggaran atau tidak," kata Rusmin, Kamis (21/3/2019).

"Dalam hal mengundang kami tidak memiliki kewenangan untuk memaksa memenuhi undangan kami jadi kami punya kewenangan mengundang secara patut sebanyak dua kali namun karena sesuatu dan lain hal tidak bisa hadir tepat waktu sesuai undangan, maka demi kepentingan penanganan laporan atau temuan maka bisa saja kami jemput bola dengan mendatangi atau menentukan tempat lain untuk memintai keterangan selama bisa dijamin memperlancar proses pengungkapan fakta-fakta yang ada. Sama halnya dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh sentra Gakumdu dengan mendatangi pihak-pihak yang akan dimintai keterangan misal pemberian keterangan ahli ataupun saksi," kata Rusmin.

Sementara Divisi Hukum Bawaslu Sinjai Saifuddin menyampaikan Bupati Seto diperiksa terkait laporan warga.

Laporannya menduga bupati bersama tiga kepala dinas salam dua jari di Kawasan Objek Wisata Bahari Larea-rea, Pulau Sembilan lalu.

Pemeriksaan Bupati Seto dilakukan di rumah jabatan di Sinjai selama satu jam pada pukul 17.00 Wita.

Menurut Saifuddin, pemeriksaan di rumah jabatan karena kepadatan tugas sebagai seorang bupati. 

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved