Guru di Luwu Timur Dituntut Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi Mengajar

Husler mengatakan keberhasilan dunia pendidikan sangat erat kaitannya dengan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik alias guru.

Guru di Luwu Timur Dituntut Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi Mengajar
ivan/tribunlutim.com
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler pada pelatihan kompetensi tenaga pendidik tingkat SD/MI, SMP/MTs negeri dan swasta di Aula Kantor Dinas Pendidikan Luwu Timur, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Luwu Timur dituntut meningkatkan kualitas dan kompetensi mengajar kepada peserta didik.

Seperti itu diutarakan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler pada pelatihan kompetensi tenaga pendidik tingkat SD/MI, SMP/MTs negeri dan swasta di Aula Kantor Dinas Pendidikan Luwu Timur, Rabu (20/3/2019).

Husler mengatakan keberhasilan dunia pendidikan sangat erat kaitannya dengan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik alias guru.

"Jika gurunya berkualitas maka anak didiknya juga pasti berkualitas, dan pendidikan semakin maju," kata Suami Puspawati Husler.

Husler juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas tenaga guru. Mutu pendidikan kata dia sangat ditentukan oleh tenaga pendidiknya.

Sehingga komitmen guru diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan agar mampu melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

"Dengan demikian, kualitas pendidikan kita akan tercapai sesuai target yang diharapkan," tutur Husler.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi begitu pesat dan memaksa guru agar bisa mentransfer ilmu pengetahuan dengan mengakses teknologi untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.

"Saya sangat berharap hasil dari pelatihan mampu memberikan korelasi antara tingkat pelatihan dan peningkatan mutu pendidikan," sebutnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Darmawan berharap angka kelulusan ujian nasional pada tahun 2019 mencapai 100 persen pada semua tingkatan satuan pendidikan.

Pelatihan berlangsung dari 20-22 Maret 2019 di SDN 221 Malili, SDN 238 Mallaulu, SDN 222 Batu Merah dan SDN 229 Waru.

Sebanyak 440 orang peserta ikut dalam kegiatan ini, terdiri dari guru SD/MI 184 orang dan guru SMP/MTs 264 orang. Narasumber dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Ketua LPMP Sulsel, Abdul Halim Muharram, Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur, La Besse dan Dewan Pendidikan, Ardias Barah.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, @vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved