Di Hadapan DPRD Buton, DLH Gowa Sampaikan Impian Raih Adipura

"Sebelumnya kami bisa memangkas biaya pengangkutan sampah perhari 5 liter solar perhari setiap mobil pada tahun 2018," tandas Abitzar.

Ari Maryadi/tribuntimur.com
Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan DLH Pemkab Gowa, Abitzar Husain memaparkan pengelolaan sampah di hadapan anggota DPRD Buton Tengah, Rabu (20/3/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa mendampingi DPRD Kabupaten Gowa menerima kunjungan anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah, Rabu (20/3/2019).

Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan DLH, Abitzar Husain mengatakan, pengelolaan sampah di Kabupaten Gowa mendapat payung hukum.

Hal ini diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Kebersihan dan Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2018 terkait penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Baca: Kadis Pendidikan Gowa Sebut UNBK Hanya Uji Kecepatan Siswa

Baca: VIDEO: Dinas Penataan Ruang Kota Makassar Segel Dua Bangunan

Meski demikian, Abitzar menyampaikan jika Pemkab Gowa masih belum berhasil meraih penghargaan piala Adipura sebagai penghargaan pemerintah pusat terhadap kabupaten yang dinilai paling bersih dan rapi.

"Terimah kasih atas kedatangan Kabupaten Buton Tengah. Kami di Gowa juga belum berhasil mendapat Adipura sebagai parameter keberhasilan pengeloaan sampah," terang Abitzar di Kantor DPRD Gowa.

Abitzar melanjutkan, Pemkab Gowa yang terus berbenah telah mengalami kenaikan poin yang cukup tinggi. Semangat dan langka progresif Pemkab Gowa terus dilakukan terkait pengelolaan sampah rumah tangga.

Semangat terus ikut dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2018 terkait penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Abitzar juga menyampaikan Pemkab Gowa telah mengoperasikan bank sampah untuk pengelolaan sampah. Dirinya yang bertindak sebagai direktur.

"Dalam dua tahun ini sudah ada pengurangan sampah. Langkah strategis kami melakukan pengurangan sejak dari sumbernya. Kita bentuk bank sampah," sambungnya.

Ia juga menambahkan sejak keberadaan bank sampah dengan skema pengurangan dari sumbernya dapat mengurangi sampah dan biaya operasional pengangkutan sampah hingga lima liter solar permobil dalam satu hari

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved