Pelindo IV Investasi Rp 6,4 Triliun Perkuat Proyek Strategis

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV serius menaikkan status tujuh pelabuhan di bawah naungannya. Direksi berinvestasi Rp 6,4 triliun pada 2019 ini.

Abdiwan/Tribun Timur
Suasana Rapat Kerja (Raker) I PT Pelindo IV Tahun 2019 di aula kantor Pelindo IV Jl Nusantara Makassar, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV serius menaikkan status tujuh pelabuhan di bawah naungannya.

Buktinya, direksi berinvestasi Rp 6,4 triliun pada 2019 ini.

Dirut PT Pelindo IV, Farid Padang menuturkan, capex atau belanja modal Pelindo IV terbagi dua.

"Rp 1 triliun untuk sinergi dengan PT Pertamina, dan Rp 5,4 triliun untuk tingkatkan status tujuh pelabuhan ke muatan kargo," kata Farid Padang usai pembukaan Rapat Kerja I 2019 di kantornya Jl Nusantara Makassar, Selasa (19/3/2019)

Kerja sama Pertamina-Pelindo IV dilakukan dalam penyediaan listrik dan gas di Makassar New Port, instalasi LNG di kawasan Industri Palu, Makassar, Bitung dan Morotai, lalu penyediaan lahan untuk Terminal Aspal di Samarinda, Makassar, dan Bitung.

Serta penyediaan lahan untuk Terminal LPG di Balikpapan, Maumere, Ternate, Sorong, Manokwari, dan Merauke. Sementara di Gorontalo, Pertamina akan membangun fasilitas FSRU.

"Bagi Pelindo IV, inu dapat mengoptimalkan aset Perseroan serta meningkatkan pendapatan dengan sinergi bisnis baru terutama untuk bunker BBM maupun storage gas," katanya.

"Selain mengoptimalkan aset kapal tunda yang dimiliki oleh Pertamina dan Pelindo untuk pelayanan marine service yang sudah terbangun selama ini," tambah Farid.

Sedangkan Rp 5,4 T lainnya diperuntukkan untuk penaikan status tujuh pelabuhan di Gorontalo, Maraoke, Ternate, Sorong, Kendari, Palu, dan Nunukan.

"Peningkatan status dari pelabuhan biasa menjadi pelabuhan kargo. Tidak lain menunjang proyek strategis nasional dan peningkatan muatan logistik," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved