Kesehatan Gigi

Jangan Biarkan Gigi Anda Berlubang, Ini Akibatnya

Hal ini diperparah dengan berbagai faktor, seperti pola makan tinggi gula dan kebiasaan malas menyikat gigi pada waktu yang tepat.

Jangan Biarkan Gigi Anda Berlubang, Ini Akibatnya
GOOGLE IMAGES
Ilustrasi sakit gigi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Rasa ngilu yang tajam di gigi seringkali menjadi tanda awal gigi berlubang. Rasa tersebut biasanya terjadi tiba-tiba dan membuat banyak dari kita menganggap lubang gigi muncul mendadak.

Padahal, lubang gigi terbentuk selama beberapa bulan bahkan lebih dari satu tahun dan sudah menunjukkan sejumlah gejala yang tidak disadari. Hal ini diperparah dengan berbagai faktor, seperti pola makan tinggi gula dan kebiasaan malas menyikat gigi pada waktu yang tepat.

"Pembusukan gigi adalah bakteri yang membentuk asam saat kita mengkonsumsi makanan berkarbohidrat atau gula," kata profesor kedokteran gigi di Boston University, Carl McManama, DDS. Jadi, semakin banyak kita mengkonsumsi gula maka akan semakin banyak asam yang terbentuk untuk merusak gigi. Rasa sakit tidak akan muncul sejak awal.

Namun jika tidak ditangani dengan baik, lubang akan semakin parah dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Ketahui apa saja dampak dari gigi berlubang yang diabaikan:

1. Gigi terbelah
Patah gigi adalah gejala yang umum terjadi ketika terjadi lubang gigi yang cukup besar. McManama menjelaskan, hal tersebut tidak akan terjadi pada gigi sehat yang masih utuh.

"Namun, ketika banyak gigi yang membusuk atau ada gigi yang mengalami lubang cukup lama, gigi tersebut akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah," kata dia.

Hal ini bisa disebabkan cara makan yang kurang baik. Seperti cara mengunyah yang menyebabkan sisa makanan terselip di gigi.

Ketika gigi sudah menunjukkan gejala pembusukan atau lubang, kita bisa meminimalisasi perkembangannya dengan mengurangi konsumsi gula, menyikat gigi rutin dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung flouride, serta melakukan flossing.

Halaman
Editor: Muh. Irham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved