Ada Fee 5 Persen DAK Sekolah 2018 di Parepare, PPK: Itu Dana Pendampingan

Kasus dugaan korupsi pungutan 5 persen fee yang dipungut oleh oknum Dinas Pendidikan terus menjadi bola liar.

Ada Fee 5 Persen DAK Sekolah 2018 di Parepare, PPK: Itu Dana Pendampingan
mulyadi/tribunparepare.com
PPK DAK rehab sekolah di Parepare 2018, Munir 

TRIBUNPAREPARE.COM, UJUNG - Realisasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 Pemkot Parepare untuk rehab dan pembangunan sekolah terus mendapat sorotan.

Kasus dugaan korupsi pungutan 5 persen fee yang dipungut oleh oknum Dinas Pendidikan terus menjadi bola liar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK 2018 ini, Munir pun membantah adanya pungutan ilegal yang dilakukan."Tidak pernah kita campuri anggaran yang diperuntuhkan untuk sekolah,"jelasnya, Selasa (19/3/2019).

Munir menjelaskan, dana sebesar 5 persen yang diambil merupakan anggaran pendampingan."Anggaran pendampingan ini peruntukkan untuk kegiatan konsultasi, rapat dan tenaga teknis,"ujarnya.

Proses pembayaran tenaga teknis, kata Munir dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan."Jadi tidak ada lagi sangkut pautnya dengan sekolah,"tutur dia.

Dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan DAK di daerah mengatur terkait dana pendampingan ini.

Hanya saja, berdasarkan pasal 10 ayat 1 Permendagri Nomor 20 Tahun 2009 tertuang penganggaran dana pendampingan sekurang-kurangnya 10 persen dari alokasi DAK yang ditetapkan daerah.

Jumlah yang disebutkan PPK-pun setengah dari porsi minimal yang harus dianggarkan untuk anggaran pendampingan DAK yang dikelola daerah.

DAK 2018 ini sendiri, khusus bangunan sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare keciprat anggaran sebesar Rp 8,5 miliar.

Hanya saja, kata Munir, jumlah tersebut tidak seluruhnya turun karena ada kegiatan yang mengajukan nomor kontrak."Anggaran yang tidak turun ini yakni pengadaan buku yang total anggarannya sekitar Rp 500 juta,"ungkap dia.

Kasus ini pun sementara didalami aparat kepolisian dan sudah puluhan kepala sekolah yang diperiksa terkait dugaan permintaan 5 persen ini.(adi)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @adibrencheck

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved