Gaji Anggota Polri Naik, Pengamat Politik Unismuh Makassar: Momentumnya Tidak Tepat

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Unismuh Makassar Andi Luhur Priyanto mengatakan bahwa kenaikan gaji tersebut tentu hal positif.

Gaji Anggota Polri Naik, Pengamat Politik Unismuh Makassar: Momentumnya Tidak Tepat
handover
Pengamat Politik Unismuh Makassar Andi Luhur Priyanto. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kabar gembira untuk Polri! Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2019 tentang peraturan gaji anggota kepolisian.

Dalam PP Nomor 17 Tahun 2019, tercantum nominal gaji anggota Polri. Dari gaji terendah untuk anggota Polri berpangkat Bayangkara Dua (Bharada) atau Tamtama Tingkat Satu hingga gaji Jenderal dengan masa kerja 32 tahun.

Dalam lampiran PP Nomor 17 Tahun 2019 disebut bahwa gaji Bharada dengan masa kerja 0 senilai Rp 1.643.500.

Sementara gaji untuk perwira tinggi dengan masa kerja 32 tahun Rp 5.930.800. Ketentuan tersebut mulai berlaku 1 Januari 2019.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Unismuh Makassar Andi Luhur Priyanto mengatakan bahwa kenaikan gaji tersebut tentu hal positif.

Berikut ulasannya:

"Kenaikan gaji itu tentu hal yang positif. Dampaknya terhadap daya beli masyarakat selalu baik. Hal yang mengindikasikan keuangan negara yang sehat. Semoga keputusan itu didasari pertimbangan yang rasional, bukan didasari pertimbangan yang bersifat politis.

Sebagai presiden petahana yang juga sedang running di kontestasi Pilpres 2019, setiap keputusan Presiden Jokowi yang berdampak publik secara luas akan mendapat sorotan.

Setiap kebijakan keuangan negara juga sudah mendapat persetujuan DPR RI, yang komposisi di dalamnya ada pendukung dan oposisi pemerintah.

Di era politik elektoral, pemimpin petahana memang selalu punya previlege (keistimewaan) dalam akses sumberdaya keuangan negara. Keuangan negara sering jadi bancakan untuk tujuan-tujuan elektoral.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved