Pengadilan Tolak Gugatan Enam Perusahan Kasus Illegal logging

Ini sebuah prestasi di tengah-tengah apriori masyarakat bahwa penegakkan hukum dalam perdagangan kayu ilegal kerap dilakukan setengah hati.

Pengadilan Tolak Gugatan Enam Perusahan Kasus Illegal logging
Darul
Suasana saat Dirjen Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bersama Lantamal IV Makassar, mengamankan 57 kontainer kayu ilegal asal Papua di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Pengadilan Negeri Makassar menolak gugatan enam perusahaan terhadap Direktorat Penegakkan Hukum (Gakum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun pihak perusahan sebagai penggugat adalah Sutarmi mewakili CV Rizky Mandiri Timber, Toto Solehudin mewakili CV Mevan Jaya, Suryo Egar Prasetiyo mewakili CV Edom Artha Jaya.

Serta Budi Antoro mewakili PT Harapan Bagot, Daniel Garden mewakili PT Mansinam Global Mandiri, PT Rajawali Papua Foresta yang diwakili Thonny Sahetapy.

Baca: Kejari Luwu Jemput Paksa Terpidana Kasus Penebangan Pohon

Gugatan ini terkait penanganan kasus 57 kontainer kayu merbau ilegal  asal Papua yang ditangkap dan diamankan Gakkum KLHK, 6 Januari 2019 yang transit di Pelabuhan Makassar.

Putusan itu dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar yang dipimpin langsung Basling Sinaga sejak Senin (11/3/2019) lalu.

Focal Point Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) Sulawesi Selatan, Mustam Arif kepada Tribun Rabu (13/3/2019), mengaku sangat mengapresiasi putusan itu.

Ditolaknya gugatan enam perusahaan ini menjadi preseden baik bagi penegakkan hukum di bidang perdagangan kayu.

Baca: VIDEO: Wadir Krimum Polda Sulbar Rilis Penangkapan Empat Begal di Mamuju

‘’Kami juga mengapresiasi keputusan hakim yang kami anggap sudah tepat, dan ini juga memberikan dampak positif bagi penegakkan hukum, khususnya terkait pengelolaan sumber daya alam dan korporasi,’’ kata Mustam.

JPIK Sulsel menilai ditolaknya gugatan kasus 57 kontainer kayu ilegal asal Papua ini, memberi efek jera dan berdampak positif bagi penegakkan hukum terhadap kejahatan pembalakan liar (illegal logging).

Ia berharap, Gakkum segera menindaklanjuti kasus ini untuk proses hukum hingga tuntas. Gakkum punya legitimasi untuk segera menahan para tersangka dan menyita barang bukti.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved