Breaking News:

PLN UIP Subagsel Bangun Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Makassar, Ini Lokasinya

Tujuan pembangunan SKTT 150 kV Tanjung Bunga hingga Bontoala dibangun untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik Kota Makassar dan sekitarnya.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Hasrul
Fadli/Tribun Timur
General Manager PLN UIP Sulbagsel I Putu Riasa memberi sambutan pada sosialisasi pembangunan dua jaringan transmisi bawah tanah atau Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) bertegangan 150 kilo Volt (kV) di Hotel Golden Tulip Jl Sultan Hasanuddin Makassar, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Dalam waktu dekat, PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) I akan membangun dua jaringan transmisi bawah tanah atau Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) bertegangan 150 kilo Volt (kV).

Keduanya jaringan yakni SKTT 150 kV Kima hingga Daya Baru dan SKTT 150 kV Tanjung Bunga hingga Bontoala.

Jelang pengerjaan yang rencanankan dilakukan April mendatang, digelar sosialisasi kepada perwakilan pemerintah daerah dan instansi terkait di Hotel Golden Tulip Makassar, Selasa (12/3/2019).

Baca: Gagal Juara 2 Musim Berturut-Turut, Wiljan Pluim: Kami Percaya Kesempatan Ketiga Raih Kesuksesan

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Pemkot Makassar Irwan Bangsawan mendukung pembangunan jaringan kabel bawah tanah yang akan dilakukan oleh PLN ini.

"Selain didasari oleh kebutuhan listrik masyarakat yang terus meningkat di tiap tahunnya, penggunaan kabel bawah tanah saya kira sangat tepat bagi kawasan perkotaan yang semakin padat dengan pemukiman penduduk,” kata Irwan disela sambutannya.

General Manager PLN UIP Sulbagsel I Putu Riasa menambahkan, kedua SKTT memiliki total lintasan 27,57 kilometer (km), ini akan melintasi Kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Baca: Sikapi Demo Terkait Pilkades Mallongi-longi, DPRD Pinrang Bakal Lakukan Ini

Untuk SKTT 150 kV Kima hingga Daya Baru akan melintasi Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros dan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar dengan lintasan sepanjang 16,47 km.

Sementara SKTT 150 kV Tanjung Bunga hingga Bontoala akan melintasi Kecamatan Makassar, Kecamatan Mamajang dan Kecamatan Tamalate Makassar dengan lintasan sepanjang 11,09 km.

Tujuan pembangunan SKTT 150 kV Tanjung Bunga hingga Bontoala dibangun untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik Kota Makassar dan sekitarnya.

Baca: Nama Sandiaga Uno Ada di Soal USBN, Begini Reaksi Bawaslu Mamasa

Sementara, SKTT 150 kV Kima hingva Daya Baru dibangun untuk menjamin keandalan pasokan listrik Kawasan Industri Makassar.

“Pembangunan SKTT ini diharapkan dapat meningkatkan mutu, kapasitas jaringan serta optimalisasi sistem kelistrikan di Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya,” kata Putu Riasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved