Angin Kencang di Wajo, Ini Penyebabnya

Osilasi Madden-Julian ditandai dengan perkembangan ke arah timur dari wilayah besar dari kedua curah hujan tropis

Angin Kencang di Wajo, Ini Penyebabnya
hardiansyah/tribunwajo.com
Rumah warga yang rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sabtu (08/03/2019) kemarin. 

TRIBUN-WAJO.COM, BOLA - Angin kencang yang memporak-porandakan pemukiman warga di dua desa Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sabtu (09/03/2019) sore, akibat Madden-Julian Oscillation (MJO).

Osilasi Madden-Julian ditandai dengan perkembangan ke arah timur dari wilayah besar dari kedua curah hujan tropis yang ditingkatkan dan ditekan, yang khususnya diamati di atas Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

"MJO tumbuh dan berkembang di Samudra Hindia, kini diperkirakan bergerak ke wilayah timur memasuki Indonesia," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah kepada Tribun Timur, Minggu (10/03/2019).

Akibatnya, periode 8 - 14 Maret 2019, diperkirakan potemsi hujan lebat akan terkonsentrasi di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, serta sebagian Pulau Jawa.

"Karenanya, potensi bencana hidromoteorologis akibat curah hujan tinggi berupa banjir, angin kencang dapat terjadi," katanya.

Diketahui, angin kencang melanda Desa Pattangngae dan Desa Pasir Putih di Kecamatan Bola. Tercatat, ada 46 rumah dan 1 sekolah terdampak di daerah pesisir Teluk Bone tersebut.

Alamsyah merinci, di Desa Pattangngae ada 21 unit rumah dan 1 sekolah dasar, serta di Desa Pasir Putih ada 25 rumah terdampak.

"Di Desa Pattangnga ada 3 rumah rusak berat dan 1 sekolah, selebihnya rusak sedang dan ringan. Kalau di Desa Pasir Putih, 1 rusak berat selebihnya rusak sedang dan ringan," katanya.

Akibatnya, sekitar 126 jiwa terdampak. Juga, aliram listrik dari PLN sempat terputus.

Selain melakukan asessment di wilayah terdampak angin kencang, BPBD Kabupaten Wajo pun menyerahkan beberapa logistik bantuan kepada korban.

Olehnya, Alamsyah pun tetap mewanti-wanti masyarakat terkait potensi bencana yang bisa saja terjadi. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur, @dari_senja

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved