13 Ponpes Ikut Lomba Barazanji dan Talqin Berbahasa Bugis di Masjid Cheng Hoo Makassar

Hadiah untuk kategori lomba Barazanji, Rp 7 juta untuk juara satu, Rp 5 juta untuk juara dua, Rp 3 juta untuk juara tiga.

13 Ponpes Ikut Lomba Barazanji dan Talqin Berbahasa Bugis di Masjid Cheng Hoo Makassar
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Masjid Cheng Hoo yang terekam dari ketinggian menggunakan kamera drone di Jl Danau Tanjung Bunga, Makassar, Selasa (23/2/2016). Masjid yang bergaya arsitektur Tionghoa ini mempunyai kombinasi Appa Sulapa (empat sudut persegi) ciri khas Bugis Makassar. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sejumlah pondok pesantren di Sulsel akan mengikuti lomba Festival Barazanji dan Talqin berbahasa Bugis 2019 di Masjid Cheng Hoo, Jl Danau Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sabtu (9/3/2019) besok.

Lomba yang diinisiasi Founder Bosowa Corporation, HM Aksa Mahmud ini masih dalam rangka perayaan HUT ee-46 Bosowa Corporation.

Baca: PSM Makassar Upayakan Rahmat dan Pellu Tampil Lawan Lao Toyota

"Sejauh ini sudah ada 13 pondok pesantren telah mendaftarkan diri dalam lomba barazanji dan talqin ini," kata Sekretaris Panitia, M Tonang Cawidu kepada tribun-timur.com, Jumat (8/3/2019).

Ke-13 pondok pesantren itu, An-Nadla dan Tahfizhul Quran Al Imam Ashim kota Makassar, Nahdatul Ulum Maros, Ar-Rahman DDI Galla Raya Pangkep, Al-Ikhlas Addary Takkalasi dan DDI Mangkoso Barru, Manahilil Ulum Pinrang, Al-Urwatul Wutsqa Benteng Sidrap, Yasrib Soppeng, As 'Adiyah Wajo, Al-Ikhlas Ujung dan Al- Junaidiyah Biru Bone dan Babul Khaer Bulukumba.

Baca: LOGIN Pendaftaran Pendamping PKH Kemensos, Link ssdm.pkh.kemsos.go.id Sisa 8 Jam, Cek Gaji & Tahapan

Peserta yang meningkuti lomba diwajibkan menceritakan syair kisah nabi yang ada dalam barazanji ke dalam bahasa Bugis. Begitupun talqin.

"Jadi kategori penilaiannya itu ada tiga, mulai dari segi kefasihan, tajwid dalam bahasa Arab dan dari segi penggunaan bahasa Bugisnya, lalu kemudian adab peserta yaitu kerapihan dan kekompakan timnya," ujar Tonang Cawidu.

Peserta yang mengikuti lomba memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Baca: TKD KIK Jokowi-Maruf di Sulsel Butuh Rp 9 Miliar untuk Saksi

Hadiah untuk kategori lomba Barazanji, Rp 7 juta untuk juara satu, Rp 5 juta untuk juara dua, Rp 3 juta untuk juara tiga. Untuk juara harapan, Rp 2 juta untuk harapan satu, Rp 1,5 juta untuk harapan dua dan Rp 1 juta untuk harapan tiga.

Sementara, untuk kategori Talqin, Rp 3,5 juta untuk juara satu, Rp 2,5 juta untuk juara dua, Rp 2 juta untuk juara tiga. Untuk juara harapan, Rp 1 juta untuk harapan satu, Rp 750 ribu untuk harapan dua dan Rp 500 ribu untuk harapan tiga.

Untuk tahun ini, menurut M Tonang Cawidu, pihaknya menyelenggarakn lomba barazanji dan talqin khusus bahasa Bugis.

Baca: Bawaslu Sinjai Butuh Waktu 14 Hari Selidiki Kadis Salam 2 Jari

"Kemungkinan tahun depan diperluas lagi, mungkin ke Bahasa Bugis, Makassar, Mandar, dan Luwu. Dan kemungkinan juga pesertanya diperluas, bukan cuman pondok pesantren, bisa juga kelompok majelis taklim dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya," jelas M Tonang.

Nur Thamzil Tahir, selaku ketua panitia Lomba Barazanji dan Talqin Bahasa Bugis 2019, juga telah mendapat dukungan atau support dari Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar (46).(tribun-timur.com)

Laporan wartawan tribun-timur.com, Muslimin Emba

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved