Bawaslu Sulbar Petakan Potensi Kerawanan TPS

Sulfan menuturkan, kerawanan TPS itu seperti, setiap peristiwa yang mengganggu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Bawaslu Sulbar Petakan Potensi Kerawanan TPS
nurhadi/tribunmamuju.com
Ketua Bawaslu Sulfan Sulo saat membawakan materi Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu yang dilaksanakan Bawaslu Majene. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, lakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang muncul di TPS pada hari pemilihan umum 17 April mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo, dalam kegiatan peningkatan kapasitas pengawas Pemilu yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Majene, di Hotel B Nusabila, Banggae, Kamis (7/3/2019).

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menuturkan, dengan modal pemetaan kerawanan itu, menjadi cara bagi pengawas pemilu untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran dan kecurangan di TPS.

Sulfan menuturkan, kerawanan TPS itu seperti, setiap peristiwa yang mengganggu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

"Apalagi kalau berdampak pada hilangnya hak pilih warga, mempengaruhi pilihan pemilih dan mempengaruhi hasil pilihan,"kata Sulfan.

Sulfan berharap, para pengawas sedari dini sudah harus mampu mengindentifikasi TPS yang rawan pelanggaran.

Tujuannya, kata dia, agar bisa mengantisipasi secepatnya sebelum hari pemungutan.

"Tujuannya adalah bagaimana melakukan kegiatan preventif, supaya TPS itu tingkat kerawanan berkurang atau rendah,"ujarnya.

Untuk itu, lanjut Sulfan, yang perlu diperhatikan oleh pengawas, seperti akurasi data pemilih, penggunaan hak pilih, hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas dan pemungutan suara.

“Pemilu tahun 2019 ini adalah pemilu sangat rumit di dunia, dimana Pileg dan Pilpres dilangsungkan secara bersamaan, maka dari itu kita sebagai Pengawas Pemilu diharapkan bekerja lebih ektra untuk mengurangi kerawanan TPS di Pemilu,” tuturnya. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, nurhadi@5420

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved