Baca Niat Puasa Rajab, Keutamaan, tapi Bolehkah Digabung dengan Qadla Puasa Ramadhan?

Baca niat puasa Rajab yang ditunaikan mulai, Jumat, 8 Maret 2018, besok, dan bolehkah digabung dengan qadla puasa Ramadhan?

TRIBUN-TIMUR.COM - Baca niat puasa Rajab yang ditunaikan mulai, Jumat, 8 Maret 2018, besok, dan bolehkah digabung dengan qadla puasa Ramadhan?

Menunaikan puasa Rajab harus dengan niat, termasuk ibadah lain.

Baca niat puasa Rajab sebelum ditunaikan.

Ibadah puasa Rajab merupakan salah satu puasa yang sunnah dilakukan sebagaimana bulan-bulan mulia lainnya (Muharram, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah).

Demikian dilansir laman resmi Nadhlatul Ulama Nur.or.id melalui artikel berjudul 'Bolehkah Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadla Puasa Ramadhan?' yang ditulis M Mubasysyarum Bih.

Meski tidak ada hadits shahih yang secara khusus menjelaskan keutamaan puasa Rajab, namun kesunnahan puasa Rajab sudah tercakup dalam dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.

Persoalan muncul ketika sebagian orang masih memiliki tanggungan utang puasa Ramadhan, apakah boleh baginya menggabungkan niat puasa Rajab dengan qadla’ puasa Ramadhan?

Puasa Rajab sebagaimana puasa sunnah lainnya sah dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak, tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya).

Misalkan dengan niat “Saya niat berpuasa karena Allah”, tidak harus ditambahkan “karena melakukan kesunnahan puasa Rajab”.

Sementara puasa qadla’ Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat “Saya niat berpuasa qadla’ Ramadhan fardlu karena Allah”.

Baca: Mengenal Olga Ladyzhenskaya yang Jadi Google Doodle, Ahli Matematika dan Ayahnya Tewas Dipersekusi

Baca: Spesifikasi, Harga Redmi Go di Flash Sale JD.id, Murah Banget

Baca: Siapa Donald Sihombing Orang Terkaya di Indonesia Pemilik Rp19,6 T? Lihat Dia Hanya Bercelana Pendek

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved