Segera di Makassar, Buka Rekening BNI Bisa Lewat Smartphone

Terkait verifikasi identitas atau Know Your Customer (KYC), nasabah tidak perlu datang ke cabang BNI.

Segera di Makassar, Buka Rekening BNI Bisa Lewat Smartphone
TRIBUN TIMUR/ARDY MUCHLIS
Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Faizal Arief Setiawan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Aly

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Bank Negara Indonesia (BNI) bakal meluncurkan fitur buka rekening baru lewat digital banking.

Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Faizal Arief Setiawan, Selasa (5/3/2019) menuturkan rencananya buka rekening via smartphone bisa dilakukan April mendatang.

"Kantor pusat sedang kembangkan buka rekening lewat smartphone. Nanti langsung bisa buka rekening sendiri lewat smartphone, rencananya April," katanya.

Ia mengklaim, prosesnya di bawah 10 menit, rekening langsung aktif. Terkait verifikasi identitas atau Know Your Customer (KYC), nasabah tidak perlu datang ke cabang BNI.

Baca: Galeri Investasi Segera Hadir di Pasar Tradisional Makassar

Baca: Kartu Debit BNI Citilink Sasar Traveller Melenial

Ini dikarenakan, bank dengan sandi saham BBNI ini sudah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"KYC dilakukan dengan face recognition, video banking, langsung bisa memasukkan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu, data akan langsung terverifikasi di Dukcapil," tuturnya.

Terobosan ini menyasar segmen milenial. "Selain itu juga untuk nasabah yang digital-minded, walaupun bukan milenial," ujarnya.

Sebelumnya, General Manager Product Management Division Bank BNI, Donny Bima menuturkan, soal keamanan layanan sudah di assessment oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca: Promo HUT ke-62 BCA, Ada Diskon 62 % dan Harga Spesial di 22 Gerai Makanan Ini

Baca: PD Parkir Makassar Gandeng Mandiri Inhealth Tingkatkan Jaminan Kesehatan Pegawai

"Izinnya sedang proses, makanya sekitar April. Soal KYC dari regulator sudah ada due diligence dan sudah ada link-nya," ujarnya. Pembukaan rekening baru lewat digital memang sudah diatur dalam POJK No. 12/POJK.03/2018.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved