PPK Maniangpajo Wajo Sosialisasi ke Kaum Marjinal, Termasuk Waria

Melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Maniangpajo, sosialisasi kali ini menyasar mereka yang terpinggirkan atau kaum marginal

PPK Maniangpajo Wajo Sosialisasi ke Kaum Marjinal, Termasuk Waria
hardiansyah/tribunwajo.com
Sosialisasi Pemilu yang dilakukan PPK Maniangpajo menyasar kelompok marginal di Desa Minangatellue, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Senin (04/03/2019). 

TRIBUNWAJO.COM, MANIANGPAJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Maniangpajo, sosialisasi kali ini menyasar mereka yang terpinggirkan atau kaum marginal di Desa Minangatellue, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Senin (04/03/2019).

Mereka yang masuk dalam kelompok marginal pemetaan KPU adalah waria, buta huruf, orang miskin dan yang masih kesulitan mengakses informasi.

Pendidikan pemilu tersebut bertajuk "KPU Goes to Marginals Community".

Ketua PPK Maniangpajo, Yasser Arafat pun menyebutkan, materi sosialisasi yang diberikan pun berkisar tata cara pencoblosan. Mengingat, pada Pemilu 2019 mendatang, ada 5 jenis surat suara yang akan dicoblos.

Tentu, bagi masyarakat yang marginal yang masih minim informasi terkait pemilihan umum serentak kali ini, akan kesulitan.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mencoblos yang benar terutama kaum marjinal. Selain jauh dari kota, akses informasi memang sangat kurang," kata Yasser Arafat kepada Tribun Timur, Senin (04/03/2019).

Lebih lanjut, dengan pendidikan pemilu singkat yang diberikan PPK Maniangpajo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Minangatellue mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Wajo.

"Dengan sosialisasi ini, kita harap bisa menekan angka golput yang biasanya dilakoni kaum marginal. Dan kita juga ingin pertahankan angka partisipasi pemilih sepeerti di pilkada lalu," katanya.

Diketahui, pada perhelatan Pilkada 2018 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Kecamatan Maniangpajo mencapai 85,16%. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur, Hardiansyah Abdi Gunawan

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved