Gempa Hari ini-Setelah Flores Timur, Giliran Manokwari Diguncang Gempa Bumi, Ini Penjelasan BMKG

Setelah Flores Timur yang diguncang gempabumi tektonik, Senin (4/3/2019) pagi, giliran Kota Manokwari, Papua Barat yang diguncang gempabumi

HO
Gempa Hari ini-Setelah Flores Timur, Giliran Manokwari Papua Barat Diguncang Gempa Bumi Tektonik 

TRIBUN-TIMUR.COM-Setelah Flores Timur yang diguncang gempabumi tektonik, Senin (4/3/2019) pagi, giliran Kota Manokwari, Papua Barat yang diguncang gempabumi, siang ini.

Seperti dilansir BMKG di akun instagram @infobmkg, Senin, 04 Maret 2019, pukul 12:21:00 WIB, wilayah Manokwari diguncang gempabumi tektonik.

Plh Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Sorong, Ariance Luys Djawa mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan 4,0 Magnitudo.  Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,33 LS dan 134,49 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 70 km arah Tenggara Kota Manokwari, Propinsi Papua Barat pada kedalaman 9 km. .

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Yapen. 

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan informasi dirasakan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Manokwari I-II MMI. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami Hingga pukul 13.17 WIB, Hasil monitoring BMKG terdapat satu aktivitas gempabumi susulan yang tidak dirasakan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa Bumi di Flores Timur

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat Gempa Bumi tektonik mengguncang wilayah Flores Timur, Senin (4/3/2019) pagi.

Hal tersebut diumumkan BMKG lewat akun ofisial instagram @infobmkg

Dari hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 06:51:47 WITA dengan kekuatan 4,5 Magnitudo.

Baca: BREAKING NEWS: Gempar 5,1 SR Guncang Sigi Sulteng Terasa di Sulbar

Baca: Luwu Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Baca: Gempa Hari ini- Usai Sumatera, Kini di Tanah Jawa, Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang 3,2 Magnitudo

Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.13 LS dan 122.95 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Barat Laut Flores Timur dengan kedalaman 24 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru, Kupang Robert Owen Wahyu SSi menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas ini sesar Flores Back Arc Thrust. .

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved