Kementan Tanam 575 Hektar Bawang Putih di Solok

Solok jadi salah satu lokasi potensial dan prospektif untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih nasional.

Kementan Tanam 575 Hektar Bawang Putih di Solok
Kementan
Kementan Tanam 575 Hektar Bawang Putih di Solok 

TRIBUN-TIMUR.COM-- Solok jadi salah satu lokasi potensial dan prospektif untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih nasional.

Kecamatan Lembah Gumanti dan Lembang Jaya, Solok dengan ketinggian di atas 1.000 m dpl ini potensial ditanam bawang putih.

"Solok telah berhasil menjadi sentra bawang merah terbeSar di Sumatera dan kini akan dijadikan juga sentra bawang putih," demikian ujar Suwandi, Dirjen Hortikultura saat tanam perdana bawang putih di Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gimanti, Kabupaten Solok, Kamis (28/2/2019).

Suwandi menjelaskan pengembangan bawang putih di Solok dilakukan bersama dinas lingkup pertanian Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Solok dan juga bersama petani sehingga bergerak menanam bawang putih secara masif.

Kementan Tanam 575 Hektar Bawang Putih di Solok
Kementan Tanam 575 Hektar Bawang Putih di Solok (Kementan)

"Kita optimis Solok akan menjadi sentra bawang putih dalam waktu tiga tahun ke depan, setelah Lombok Timur dan Temanggung. Pada tahun 2019 ini kita tanam di 110 labupaten.

Ini sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk kejar target nasional swasembada pada 2021 dengan tanam seluas 100.000 hektar," jelasnya.

Guna mengejar target 2021 tersebut, Suwandi menegaskan kebijakannya yakni seluruh yang ditanam, hasilnya dipanen dan diproses dijadikan benih untuk ditanam lagi 3 sampai 4 kali lupat pada tahun berikutnya.

"Tahun 2018 lalu sudah tanam sekitar 10.000 hektar semuanya dijadikan benih," tegas dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Chandra, mengatakan potensi lahan total 27.500 hektar terdiri 13.000 hektar.

Wilayah selain Solok yang potensial adalah 11.000 hektar di Agam, 3.000 hektar Tanah Datar dan 500 hektar di Solok Selatan.

Halaman
123
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved