Anda Sedang Hamil, Konsumsi Kurma Bisa Memperlancar Persalinan

Buah yang sudah lama dibudidayakan di berbagai belahan dunia ini kaya akan protein

Anda Sedang Hamil, Konsumsi Kurma Bisa Memperlancar Persalinan
int
kurma

TRIBUN-TIMUR.COM - Kurma yang biasanya dikonsumsi saat bulan Ramadan, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kurma dianggap sebagai makanan super yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Kurma salah satunya diyakini dapat membantu melancarkan persalinan ibu-ibu yang sedang hamil.

Buah yang sudah lama dibudidayakan di berbagai belahan dunia ini kaya akan protein, serat, dan vitamin, namun rendah lemak.

Kurma mengandung serat larut dan tidak larut, dan karenanya sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Kurma juga merupakan sumber gula alami, kaya akan kalium, dan rendah sodium. Dua mineral yang terakhir ini membantu mengatur sistem saraf.

Manfaat kurma untuk kehamilan menurut studi dari Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2011 adalah melebarkan leher rahim, sehingga membantu melancarkan persalinan.

Ibu hamil yang mengkonsumsi enam butir kurma setiap hari selama empat minggu menjelang persalinan, selaput ketubannya utuh saat menuju rumah sakit, leher rahimnya semakin melebar, tidak membutuhkan obat-obatan induksi, proses persalinan berjalan secara spontan, dan memiliki waktu persalinan yang lebih singkat.

Journal of Midwifery & Reproductive Health juga menyebutkan bahwa buah kurma memiliki efek seperti oksitosin pada tubuh, yang meningkatkan sensitivitas rahim.

Efek tersebut juga memiliki efek laksatif yang membantu menstimulasi kontraksi rahim, dan mengurangi perdarahan paska persalinan seperti yang ditimbulkan oleh oksitosin.

Sedangkan serotonin, tanin, dan kalsium pada kurma berperan dalam kontraksi otot-otot rahim.

Tentu saja, Anda juga bisa mengkonsumsi kurma pada awal kehamilan jika Anda mau.

Halaman
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved