37 Ketos Ikuti Seleksi Tulis Esai dan Wawancara di Unhas

Sebanyak 37 Ketua OSIS yang duduk di kelas XII SMA/SMK sederajat ini mengikuti verifikasi berkas, tes wawancara dan kemampuan esai.

37 Ketos Ikuti Seleksi Tulis Esai dan Wawancara di Unhas
Sukmawati/Tribun
37 Ketos SMA/SMK Sulsel foto bersama dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr drg Andi Arsunan Arsin dan panitia jalur OSIS di LPMPP B, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Selasa (26/2/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Proses seleksi tahap akhir jalur masuk khusus untuk Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS berlangsung di LPMPP B, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Selasa (26/2/2019).

Sebanyak 37 Ketua OSIS yang duduk di kelas XII SMA/SMK sederajat ini mengikuti verifikasi berkas, tes wawancara dan kemampuan esai.

Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi mengatakan, 37 Ketos yang hadir setelah lolos seleksi administrasi ini siap bersaing menunjukkan kemampuannya pada proses wawancara dan esai.

Baca: TRIBUNWIKI: Profil Ketua OSIS SMAN 18 Makassar, Teguh Daniel Bandaso

Baca: Unhas-Polman Sambut Peluang Kerjasama

"Hari ini selain verivikasi berkas, mereka juga menulis esai dengan topik yang kami tentukan yaitu Aku dan Indonesia. Dimana 37 Ketos ini bebas menyampaikan gagasannya seperti apa mereka pada 10-15 tahun mendatang. Apa yang akan mereka lakukan untuk Indonesia ke depannya ketika mereka memegang peran di Indonesia berdasarkan sudut pandang masing-masing," katanya saat ditemui tribun-timur.com di sela-sela uacara, Selasa (26/2/2019).

"Setelah menulis esai, mereka akan diwawancara oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di setiap fakultas," lanjutnya.

Adapun Poin yang ditanyakan kepada calon Mahasiswa jalur Unhas pada proses wawancara antara lain motivasi, pengalaman kepemimpinan, keterampilan yang dimiliki, aspek kognitif serta attitude.

"Melalui esai dan hasil wawancara nantinya kita akan memilih yang layak dan memenuhi persyaratan untuk diterima menjadi mahasiswa Unhas dengan mempertimbangkan nilai akademisi, akreditasi sekolah dan kepemimpinan yang dimilikinya sebagai generasi muda," ujarnya.

"Intinya kita ingin ke depannya Unhas punya peran untuk melahirkan generasi muda berjiwa leadership dan prestasi yang mumpuni serta berdaya saing global," tuturnya.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr drg Andi Arsunan Arsin mengatakan jalur OSIS ini merupakan terobosan baru Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas), sebagai program baru masuk dalam penerimaan jalur mandiri.

Kemudian disebut program pembinaan bakat kepemimpinan bagi Ketua OSIS (Ketos) di 24 kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved