PHRI Sulsel Siap Datangkan Pakar Pariwisata Halal, Dorong Wisata Halal di Toraja

Badan Pengurus Daerah (BPD) Perkumpulan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel mendukung upaya Pemprov Sulsel menciptakan daerah wisata halal.

PHRI Sulsel Siap Datangkan Pakar Pariwisata Halal, Dorong Wisata Halal di Toraja
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, menghadiri acara meet pra event Celebes Travel Mart di gedung mulo, Jl Sungai Saddang, Makassar, Kamis (21/8/2014). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pengurus Daerah (BPD) Perkumpulan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel mendukung upaya Pemprov Sulsel menciptakan kawasan daerah wisata halal di beberapa destinasi wisata.

Khususnya di daerah wisata andalan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Tidak tanggung-tanggung, PHRI Sulsel akan fasilitasi pakar pariwisata halal ke Sulsel.

"Ini tanggungan kami sebagai bentuk partisipasi PHRI Sulsel untuk ikut membangun pariwisata Sulsel,” ujar Ketua BPD PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga via pesan WhatsApp, Senin (25/2/2019).

GM Claro Hotel ini melihat, kawasan wisata halal merupakan segmentasi pasar yang empuk untuk wisatawan domestik maupun internasional.

Seperti yang sudah dilakukan Pemprov Sumatera Barat di Padang dan Pemprov Nusa Tenggara Barat di Lombok.

"Toraja itu destinasi wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan nusantara, namun untuk mencari kuliner halal wisatawannya masih kesulitan," katanya.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja PHRI Sulsel di Bulukumba 2018 lalu, konsep wisata halal sudah kita bahas dan minta pada PHRI Toraja untuk diidentifikasi.

"Dan kita massifkan sosialisasi halal kitchen di Toraja, mengingat secara wisata ke Toraja kuat tapi belum jelas halal kitchennya,” kata Anggiat.

Anggiat mencontohkan di beberapa negara, yang bukan mayoritas penduduk muslim, seperti Jepang, Thailand, dan Singapura sudah membidik pasar pariwisata halal.

"Sedangkan di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduk muslim, masih sedikit daerah yang menerapkan kawasan wisata halal," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved