Penipuan

Demi Rp 70 Juta IRT Ini Nekat Palsukan Tandatangan Camat

Modusnya yaitu dengan mengajukan kredit kepada perusahaan tersebut menggunakan identitas dan dokumen palsu.

Demi Rp 70 Juta IRT Ini Nekat Palsukan Tandatangan Camat
ilustrasi
Ilustrasi penipuan

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Polisi dari Polsek Panakkukang, Makassar, menangkap RS (50) seorang ibu rumah tangga karena melakukan penipuan hingga Rp 70 juta.

Pelaku melakukan tindak kejahatannya terhadap perusahaan pembiayaan, PT Wom Finance, Makassar.

Modusnya yaitu dengan mengajukan kredit kepada perusahaan tersebut menggunakan identitas dan dokumen palsu.

Dalam permohonan kreditnya, RS memasukkan BPKB mobil palsu, fotokopi kartu keluarga (KK) palsu, rekening listrik palsu, hingga tandatangan camat juga dipalsukan.

Kapolsek Panakkukang, Komisaris Polisi (Kompol) Ananda Fauzi Harahap mengatakan, selain RS ada juga tersangka lainnya yakni, AS dan HT.

"RS kita telah amankan. Sedangkan, untuk kedua pelaku lainnya masih dalam pengejaran atau daftar pencarian orang (DPO)," kata Ananda.

Ia menjelaskan, ketiga pelaku adalah sindikat. Mereka melakukan kejahatan ini dengan melibatkan oknum pegawai atau surpayer dari PT Wom Finance sendiri.

Uang yang barhasil dicairkan kemudian dibagi. RS mendapat Rp 30 juta, HT Rp 35 juta, dan As mendapatkan Rp 5 juta. As adalah orang dalam di perusahaan PT Wom Finance.

“Menurut keterangan tersangka, modus seperti ini sudah dua kali dilakukan. Uang hasil kejahatannya digunakan untuk foya-foya,” kata Ananda.

Dan atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 35 UU RI Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia atau pasal 378 Jo 372 subs 263 KUHPidana yang masa hukumannya maksimal 5 tahun dan paling singkat 1 tahun serta denda Rp 500 juta.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved