Pemkot Parepare Mulai Terapkan Pengurangan Bahan Plastik

Syamsuddin mengatakan, sebagai salah satu sebuah daerah mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) pengolahan sampah, maka Parepare

Pemkot Parepare Mulai Terapkan Pengurangan Bahan Plastik
Mulyadi
Walikota Parepare Taufan Pawe 

TRIBUNPAREPARE.COM, BACUKIKI BARAT - Pemerintah Kota Parepare mulai mengurangi penggunaan barang berbahan plastik

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Parepare, Syamsuddin Taha mengungkapkan, saat ini masih sementara mengkonsep surat edaran penggunaan sampah plastik dilingkup pemerintahan.

"Nanti sebagai langkah awal, pengurangan sampah plastik dilingkup pemerintahan dan akan secara luas ke masyarakat,"terang Asisten III Pemkot Parepare ini, Jumat (22/2/2019).

Syamsuddin mengatakan, sebagai salah satu sebuah daerah mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) pengolahan sampah, maka Parepare harus minim dari sampah plastik.

"Indikator ini membutuhkan peran semua pihak dan upaya pengurangan sampah plastik harus digalakkan salah satunya membebaskan wilayah pantai dari sampah,"jelas mantan Kepala Dinas PU ini.

Ia mengatakan, proses pengurangan sampah plastik dilakukan secara bertahap dan dalam waktu dekat fokus pembersihan saluran di Lakessi.
"Titik ini paling banyak ditemui sampah plastik,"ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Pemerintah Kota Parepare menargetkan Dana Insentif Daerah (DID) pengolahan sampah tahun 2020, yang disiapkan pemerintah pusat.

untuk mencapai target tersebut, kata Taufan, Pemkot telah mengambil langkah awal dengan mengambil sejumlah kebijakan pengurangan sampah plastik. sesuai dengan arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Salah satunya pada rutinitas Coffee Morning yang digelar tiap hari Senin, kita tidak lagi memakai air kemasan botol atau gelas plastik dan diganti dengan gelas kaca,"tambahnya.

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved