Istri Hamzah Mamba Terbukti Gelapkan Dana Umrah 96 Ribu Calon Jamaah Abu Tours

Ekspresi wajah terdakwa nampak pasrah setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar yang dipimpin langsung Denny Lumban Tobing

Istri Hamzah Mamba Terbukti Gelapkan Dana Umrah 96 Ribu Calon Jamaah Abu Tours
Hasan Basri
Terdakwa Hamzah Mamba dan istrinya Nur Syariah Mansyur membantah pembelian tiga apartemen dan rumah mewah di Citra Land menggunakan uang calon jamaah umrah. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Nursyariah Mansur, terdakwa dalam kasus dugaan penggelapan dan pencucian uang Rp 96 ribu calon jamaah umrah, hanya tertunduk diam setelah mendengar putusan  Hakim Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (21/02/2019).

Ekspresi wajah  terdakwa nampak pasrah setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar yang dipimpin langsung Denny Lumban Tobing dan dibantu dua hakim anggota, menjerat  terdakwa vonis selama selama 19 tahun penjara.

Denny Lumban Tobing menyatakan istri CEO PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours) menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan penggelapan dan pencucian uang 96 ribu calon jamaah secara bersama sama dengan suaminya dan dua terdakwa lainnya.

"Mengadili terdakwa Nusryariah Mansur secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah secara bersama sama menggelapkan dan melakukan tindak pidana pencucian uang," kata Denny Lumban Tobing.

Selain pidana penjara 19 tahu, terdakwa dibebankan membayar denda Rp 100 juta. Jika tidak mampu membayar denda, terdakwa dibebankan mengganti satu tahun kurungan.

Vonis yang dijatuhkan lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. JPu sebelumnya menuntut selama 20 tahun penjara dengan denda yang sama.

Hal yang memberatkan terdakwa dalam amar putusan hakim, karena perbuatan terdakwa merugikan banyak orang dan yang meringankan terdakwa tidak pernah dihukum.

Mendegar putusan hakim, terdakwa Nursyariah hanya tertunduk diam. Tidak ada sepata katapun keluar dari mulut terdakwa saat majeli hakim meminta untuk menanggapi putusan itu.

Ekspresi wajah diperlihatkan pasrah dengan putusan yang dijeratkan majelis hakim. Hakim lalu meminta terdakwa untuk berkonsultasi dengan tim kuasa hukumnya. Setelah konsultasi, tim kuasa hukumnya pun menanggapi akan berpikir pikir atas putusan itu.

Dalam amar putusan hakim, menolak semua pembelaan  Nursyariah Mansur pada pledoi yang dibacakan pada sidang sebelumnya. Hakim menyebut semua unsur yang didakwakan Jaksa telah terpenuhi.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved