Bawaslu Toraja Utara Bakal Copot Billboard Caleg Depan Kantor BRI Rantepao

Bawaslu Toraja Utara akan mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) jenis billboard di jalan poros Kota Rantepao,

Bawaslu Toraja Utara Bakal Copot Billboard Caleg Depan Kantor BRI Rantepao
TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3 Partai PSI, Moses Padsing Limbongan terpasang di depan Kantor BRI Kota Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (21/2/2019). 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Toraja Utara akan mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) jenis billboard di jalan poros Kota Rantepao, tepatnya di depan Bank BRI, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel.

APK jenis billboard dipasang oleh tim Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3 Partai PSI, Moses Padsing Limbongan.

Ketua Bawaslu Toraja Utara, Andarias Duma menjelaskan pemasangan APK melanggar Peraturan Daerah (Perda) Toraja Utara Nomor 16 tahun 2013 tentang ketertiban umum.

Baca: Ini Manfaat Program AKio Gagasan Pemkab Gowa

Baca: Listrik Padam di Maros Hingga Sore hari Ini, Catat Wilayah Terdampak

Baca: VIDEO: Kepala BPN Luwu Utara Mangkir Dari RDP di DPRD

"Itu jelas melanggar aturan Perda, salah satunya di pasal 18 poin empat bahwa, setiap orang dilarang memasang pamflet, baliho, spanduk dan sejenisnya di taman pemisah jalan yang dapat menganggu padangan dan penglihatan," kata Andarias, kepada TribunToraja.com, Kamis (21/2/2019).

Selain itu, dalam aturan kampanye ukuran APK disepakati adalah 4x7 meter yang paling besar atau billboard, sedangkan billboard Caleg Moses Padsing Limbongan melebihi ukuran.

"Kita tidak tahu apakah APK itu dilaporkan kepada KPU RI atau tidak, tapi pemasangannya bukan di lokasi ditentukan KPU Toraja Utara," ungkapnya.

Andarias mengatakan, ketentuan pidana pasal 45 poin satu bahwa, setiap orang atau badan yang dengan sengaja melanggar ketentuan dalam pasal 6-41 diancam pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 50 Juta.

"Kami minta untuk mencopot secepatnya, diberi waktu satu hari dan jika tidak diambili akan kami copot sendiri bersama Satpol PP," tutup Andarias.

Lanjutnya, saat ini menunggu pihak pengurus Partai PSI Toraja Utara untuk menyampaikan keberatan Bawaslu atas pemasangan APK yang baru dipasang, Rabu (20/2/2019) malam tadi.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Follow juga akun instagram tribun-timur.com:

Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved