Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Sejarah Letjen Hertasning, Tokoh Revolusi asal Sulsel, Dubes di Singapura dan Australia

Jl Letjen Hertasning adalah salah satu jalan utama di Kota Makassar. Berbatasan langsung dengan Jl AP Pettarani dan Jl Tun Abdul Razak.

TRIBUNWIKI: Sejarah Letjen Hertasning, Tokoh Revolusi asal Sulsel, Dubes di Singapura dan Australia
http://eresources.nlb.gov.sg
Letjen Haeruddin Tasning atau Letjen Hertasning, saat menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Singapura 

TRIBUN-TIMUR.COM - Jl Letjen Hertasning adalah salah satu jalan utama di Kota Makassar. Berbatasan langsung dengan Jl AP Pettarani dan Jl Tun Abdul Razak.

Ruas jalan ini selalu ramai, baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Termasuk salah satu jalur dari Kabupaten Gowa ke Kota Makassar.

Siapakah sebenarnya Hertasning itu?

Seperti dilansir dalam buku Tokoh Dibalik Nama-nama Jalan Kota Makassar karya Anwar A dan Abidin A tahun 2008 oleh Indonesian Culture Watch, yang dilansir di blog http://muhishaqramli.blogspot.com, berikut sejarah dari Letnan Jendral Hertasning, yang sebetulnya bernama Haeruddin Tasnin.

Nama Lahir

Letnan Jenderal Hertasning lahir di Makassar pada tanggal 19 Desember 1922. Ia adalah putera kedua dari pasangan H. Tasning Daeng Muntu dan Hj. Bonto Daeng Kunjung.

Nama sebenarnya adalah Haeruddin Tasning yang kemudian disingkat menjadi HerTasning.

Sebagaimana adat istiadat orang Bugis Makassar, Haeruddin Tasning diberi nama Makassar yaitu Daeng Toro', sehingga namanya menjadi Her Tasning Daeng Toro.

Masa Sekolah

Halaman
123
Penulis: Ina Maharani
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved