Kapolres Gowa Ajarkan Personel Tanggap Hadapi Hoaks Jelang Pemilu 2019

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga edukasi personel tentang Firehouse False Hood menjelang kontestasi Pemilu 2019 yang tinggal 58 hari lagi.

Kapolres Gowa Ajarkan Personel Tanggap Hadapi Hoaks Jelang Pemilu 2019
ari maryadi
Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga edukasi personel tentang Firehouse False Hood menjelang kontestasi Pemilu 2019 yang tinggal 58 hari lagi.

AKBP Shinto Silitonga mengatakan, edukasi sekaitan dengan maraknya penyebaran hoaks yang berdampak pada Kamtibmas sehingga penting untuk diperangi.

Firehouse False Hood merupakan teknik yang marak terjadi di tengah masyarakat menjelang Pemilu, utamanya untuk berkampanye.

Firehouse False Hood adalah kebohongan terencana yang diproduksi secara massif melalui media penyebaran yang dimilikinya dengan tujuan untuk mempengaruhi masyarakat pemilih dengan rasa khawatir dan takut.

“Untuk itu, Polres Gowa dapat melakukan fungsi mengedukasinya kepada warga tentang bagaimana mengidentifikasi berita hoaks, serta dalam memberikan kebenaran, fakta dan data,” kata Shinto, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut, Shinto memaparkan sejumlah hal yang perlu diantisipasi seluruh personel terkait teknik Firehouse False Hood.

Di antaranya kebohongan yang diproduksi dan diberitakan secara massif, kebohongan yang bergerak cepat dan berulang, tidak adanya komitmen pada realita atau fakta dan data sehingga kebohongan tersebut mudah dibongkar.

Serta hal yang selalu diikuti klarifikasi dan permintaan maaf dimana penyebar informasi tidak peduli dengan konsistensi.

Orang nomor satu di jajaran Polres Gowa ini pun menegaskan kepada setiap personil untuk harus berani menyampaikan kebenaran, fakta dan data dari apa yang menjadi bahan Hoax kepada warga.

“Selain itu, tugas kita semua adalah aktif memerangi hoaks yang beredar, dengan aktif menyadarkan masyarakat tentang bahaya Hoax yang diproduksi dengan teknik Firehouse False Hood,” tegas Shinto.

Adapun edukasi ini digelar di halaman kantor Polres Gowa ini, turut diikuti oleh para pejabat utama, para kasat, para kapolsek, perwira, serta brigadir dan ASN.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Baca: 7 Kesalahan Data Jokowi dalam Debat Capres Tadi Malam, Catat! ini 7 Janji dan Mimpi Prabowo Subianto

Baca: Ini Analisis Gestur: Senyum Jokowi Tulus, Prabowo Lebih Tenang! Soal Unicorn dan Lahan di Aceh

Baca: Ini Klarifikasi Caleg AKBP (Purn) Andi Sudarman Soal Kartu Nama Bebas Tilang

Baca: BERITA TERPOPULER: Menteri Susi Pudjiastuti Salam 2 Jari Ternyata Ini Artinya

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Follow juga akun instagram tribun-timur.com:

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved