Pertumbuhan Ekonomi Luwu Utara Lebih Tinggi dari Sulsel

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Utara lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan maupun Indonesia.

Pertumbuhan Ekonomi Luwu Utara Lebih Tinggi dari Sulsel
TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Suasana di seputaran Monumen Masamba Affair atau jantung Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Utara lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan maupun Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang terangkum dalam buku 'Luwu Utara Dalam Angka Tahun 2018', menunjukkan pertumbuhan ekonomi Luwu Utara 7,60 persen.

Angka itu lebih tinggi dari Sulsel (7,23 persen) dan nasional yang hanya 5 persen.

Baca: Pernah Ditantang Jokowi soal Bocornya Anggaran Rp 500 T, Prabowo: Banyak Sekali Bukti di KPK dan BPK

Baca: Prokontra KH Hanief Keberatan Prabowo Jumatan di Masjid Agung, Sebar Pamflet Hingga Reaksi Tim No 2

Baca: Lowongan Kerja PT KAI untuk Lulusan SMA Sederajat, Gaji Rp 6,5 Juta, Segera Daftar, Sisa 2 Hari

Dibanding tahun sebelumnya (2016), pertumbuhan ekonomi Luwu Utara meningkat 0,11 persen. Artinya ekonomi Luwu Utara tumbuh lebih cepat.

Dalam rilis Humas yang diterima TribunLutra.com, Jumat (15/2/2019), dijelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari nilai PDRB Luwu Utara menurut harga berlaku pada 2017 sebesar Rp 10,8 juta.

Sektor pertanian memegang peranan yang sangat dominan terhadap laju distribusi PDRB Luwu Utara, yakni 50,21 persen. Disusul sektor konstruksi 11,98 persen, dan jasa pendidikan 5,76 persen.

"Ekonomi kita tumbuh di angka 7,60 persen. Ini artinya bahwa kita sementara berlari kencang. Dengan gini rasio yang rendah menunjukkan bahwa di Luwu Utara terjadi pemerataan pendapatan," tutur Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Data di atas ikut menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi di Luwu Utara semakin berkualitas.

Laju pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat, diperkuat dengan angka gini rasio 0,21, menunjukkan bahwa pembangunan yang dilakukan ditinjau dari aspek pemerataan sudah sangat baik.

Hal ini pula yang menegaskan bahwa pembangunan ekonomi di Luwu Utara dilakukan secara inklusif dan partisipatif. Semua pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat itu sendiri.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved