La Kijang Bandar Narkoba Divonis Bebas, Kejati Sulselbar Periksa JPU

Eksaminasi ini, kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, terkait vonis bebas yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar

La Kijang Bandar Narkoba Divonis Bebas, Kejati Sulselbar Periksa JPU
hery/tribunpinrang.com
Syamsul Rizal alias La Kijang 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kejaksaan Tinggi Sulawesi selatan dan Barat akan melakukan eksaminasi tuntutan dan dakwaan  Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas perkara bandar narkoba, Syamsul Rizal alias La Kijang (32).

Eksaminasi ini, kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, terkait vonis bebas yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar terhadap La Kijang pada 8 Januari 2018 lalu.

"Asisten Tindak Pidana Umum sudah  memanggil jaksa yang menangani perkara tersebut," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin.

Dalam eksaminasi itu, pimpinan Kejaksaan ingin mempertanyakan apa yang terjadi pada putaran fakta persidangan. Apakah ada keleliruan dan kekurangan dalam menangani perkara itu.

Kata Salahuddin jika ada ditemukan kekeliruan yang dilakukan oleh JPU dalam menangani perkara itu, maka dipastikan akan diberikan sanksi sesuai dengan proporsi yang dilakukan.

Dalam aturan bidang pengawasan saksinya bisa berupa teguran, penundaan gaji berkala, penundaan naik pangkat bahkan pemecatan.

"Tapi  kita serahkan pada bidangnya. Dan itu ada pada  bidang pengawasan," kata Salahuddin.

Menurut Salahuddin dalam perkara bebas ini, pihaknya juga telah mengambil upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung.

Sebab kata dia bisa saja ada perbedaan pemahaman, pandangan dan pendapat antara penuntut umum dengan majelis hakim pengadilan.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved