Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melambat, Akademisi: Efek Melemahnya Sektor Produktif

Peran sektor konsumsi dan jasa, kata dia, masih merupakan tumpuan pertumbuhan yang cukup signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Sulsel

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Imam Wahyudi
abdiwan/tribuntimur.com
Pengamat ekonomi, Marzuki Dea. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Akademisi Universitas Hasanuddin, Prof Marzuki DEA merespon perlambatan ekonomi yang dialami Sulsel pada 2018 lalu.

"Hal ini dimungkinkan karena persoalan melambatnya produktivitas sektor unggulan pertanian, termasuk industri pengolahan," katanya via pesan WhatsApp, Kamis (7/2/2019).

Peran sektor konsumsi dan jasa, kata dia, masih merupakan tumpuan pertumbuhan yang cukup signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Sulsel, baik dilihat dari sisi penawaran dan permintaan aggregate PDRB.

"Melemahnya peran sektor produktif sangat dipengaruhi siklus iklim dan terutama perilaku pelaku ekonomi produktif banyak yang mengambil sikap wait and see akibat kondisi sosial politik menjelang pilpres dan pilkada," katanya.

Ternasuk didukung oleh seretnya aluran dana kredit perbankan untuk sektor produktif tersebut. Sehingga menyebabkan beberapa aktifitas ekonomi tidakk berjalan optimal.

"Kondisi ini dalam dua triwulan akan datang masih mengikuti pola perkembangan triwulan IV tahun 2018 lalu," ujarnya.

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved