Cegah DBD, Ini Instruksi Dinkes Bantaeng untuk Seluruh Puskesmas

Dinkes Bantaeng mengintruksikan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melakukan pencegahan penyakit DBD.

Cegah DBD, Ini Instruksi Dinkes Bantaeng untuk Seluruh Puskesmas
Edi Hermawan/Tribunbantaeng.com
Kadis Kesehatan Bantaeng, Andi Ihsan. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng mengintruksikan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melakukan pencegahan penyakit DBD.

Kadis Kesehatan bantaeng, Andi Ihsan menjelaskan, pihaknya telah menyurati semua puskesmas di bantaeng untuk upaya pencegahan penyakit DBD.

"Untuk upaya pencegahan penyakit DBD, kami telah menyurati semua puskesmas untuk berperan aktif melakukan upaya pencegahan di masyarakat," ujarnya kepada TribunBantaeng.com, Selasa (5/2/2019).

Menurutnya, ada delapan poin yang diinstruksikan kepada Puskesmas yakni upaya promosi dan penyuluhan tentang 3M plus kepada masyarakat.

Baca: Musda Tak Kunjung Digelar, Wakil Ketua KNPI Bantaeng Sambangi Dispora

Baca: Bawaslu Bantaeng Cari 610 Pengawas TPS, Anda Orangnya?

Baca: Februari 2019, Pertaruhan Jabatan Kadis di Bantaeng Ditentukan Lewat Job Fit

3M plus tersebut adalah menimbun barang bekas sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, menguras tempat penampungan air minimal dua kali sepekan.

Menutup tempat penampungan air, menyediakan tempat penampungan sampah di sekitar rumah tangga, menggunakan kelambu, obat nyamuk atau lotion anti nyamuk.

"Selain itu kami juga meminta agar mereka rutin bekerja bakti untuk membersihkan tempat perlindungan nyamuk," tambahnya.

Juga berupa peningkatan kewaspadaan dini peningkatan penyakit DBD, seperti Ewars, laporan mingguan, surveilance aktif dan melaporkan kasus yang terjadi kurang dari 1x24 jam.

Mengaktofkan kader Jumantik untuk melakukan survey jentik dan pemantauan jentik berkala, serta mengaktifkan gerakan satu rumah satu Jumantik, untuk pemeriksaan jentik.

Halaman
12
Penulis: Edi Hermawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved