Dinilai Merugikan dan Batasi Kreativitas, 262 Pelaku Musik Indonesia Nyatakan Tolak RUU Permusikan!

Penolakan RUU Permusikan di antaranya Efek Rumah Kaca, Bonita, Barasuara, Rara Sekar, Endah N Rhesa, Danilla Riyadi, Vira Talissa, Petra Sihombing

Dinilai Merugikan dan Batasi Kreativitas, 262 Pelaku Musik Indonesia Nyatakan Tolak RUU Permusikan!
instagram @sebelahmata_erk
Musisi Tanah Air membuat Pernyataan Tolak RUU Permusikan 

TRIBUN-TIMUR.COM - Draf Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan mendapat penolakan dari musisi tanah air. Paling tidak, sebanyak 262 pelaku musik Indonesia memberikan pernyataan sikap.

Pelaku musik itu di antaranya Efek Rumah Kaca, Bonita, Barasuara, Rara Sekar, Endah N Rhesa, Danilla Riyadi, Vira Talissa, Petra Sihombing, Nadine Hamizah, Mondo Gascaro, dan lain-lain.

Seperti TribunStyle.com kutip dari akun Instagram Efek Rumah Kaca @sebelahmata_erk, ada empat hal besar yang ingin disampaikan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan ini.

Baca: www.snmptn.ac.id - Lihat di Link Ini Hasil Pemeringkatan SNMPTN 2019, Siswa Bisa Daftar Hari Ini!

Baca: Gunung Karangetang di Sulawesi Utara Muntahkan Lava Panas ke Kali, Ratusan Warga di Sitaro Ngungsi

Secara garis besar, penolakan ini dikarenakan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan ini merasa RUU ini tidak diperlukan dan justru berpotensi merepresi musisi.

Menurut para musisi, naskah RUU menyimpan banyak masalah funamental yang membatasi dan menghambat dukungan perkembangan proses kreasi dan justru merepresi para pekerja musik.

Namun demikian, para musisi tetap mendukung upaya menyejahterakan musisi dan terbentuknya ekosistem industri musik yang lebih baik, hanya saja bukan dengan mengesahkan RUU ini.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (4/2/2019), mereka berpendapat pemerintah tidak memiliki kepentingan untuk mengesahkan rancangan undang-undang tersebut.

Menolak Diundangkan

"Kami, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan selaku para pelaku musik Indonesia, menyatakan Menolak RUU Permusikan untuk diundangkan," bunyi pernyataan tersebut.

"Setelah membaca dan menelaah naskah RUU Permusikan saat ini, kami merasa tidak ada urgensi bagi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Pemerintah untuk membahas dan mengesahkannya untuk menjadi Undang-Undang," sambungnya.

Baca: Tertinggal 0-2, Barcelona Bangkit! Lihat Gol Cantik Lionel Messi! Terancam Absen di el clasico?

Baca: Menang 3-0, Real Madrid Menatap ke Puncak, Lihat Video Gol-gol! Vinicius Layak Starter El Clasico

Halaman
1234
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved