Calon Jamaah Minta Agen Abu Tours Juga Ikut Diseret

"Dimana harus meminta uang kami," Kamaria (50), salah satu dari 96 ribu calon jamaah yang menjadi korban penipuan AbuTours.

Calon Jamaah Minta Agen Abu Tours Juga Ikut Diseret
hasan/tribun-timur.com
Agen dan Mitra Abu Tours unjuk rasa 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Sejumlah calon jamaah PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours) mendatangi Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (30/01/2019).

Ia mempertanyakan nasib mereka setelah CEO PT Abu Tours Hamzah Mamba dan tiga terdakwa lainnya ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar.

Baca: Sultan Jaya FC Seleksi Pemain Mulai Tanggal 8 Februari

Baca: Bahas Pemilu 2019, Prof Qasim Mathar Tutup Diskusi Forum Dosen

"Dimana harus meminta uang kami," kata Kamaria (50), salah satu dari 96 ribu calon jamaah yang menjadi korban penipuan AbuTours.

Menurut Kamaria, para agen dan mitra Abu Tours harus bertanggungjawab untuk keberangkatan para calon jamaah atau mengembalikan uang mereka.

Karena Agen dan mitra merupakan perpanjangan tangan dari Abu Tours. Agen dan Mitra disebut mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan promo paket umrah kepada calon jamaah.

Baca: Apakah Rocky Gerung Akan Bernasib Seperti Ahmad Dhani? Berikut Komentar Sejumlah Politisi

"Agen membeli 10 juta di Abutours lalu dijual ke jamaah 15 juta ke calon jamaah. Disitu mereka dapat banyak keuntungan," sebutnya.

Oleh sebab itu kata Kamaria yang terlibat dalam kasus penggelapan ini tidak hanya Hamzah Mamba dan tiga terdakwa lainnya saja. Sehingga, Polisi diminta mengusut para calon agen Abu Tours.

Kamarian mengatakan jumlah uang yang telah setor ke Abu Tours melalui agen sekitar Rp 139 juta dari 17 calon jamaah yang berasal dari Kabupaten Gowa.

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Profil Menpan RB Syafruddin, Nyatakan Siap Pimpin PSSI

Uang itu disetor sejak 2017 kepada agen bernama Annisa Said. Awalnya, mereka dijanjikan berangkat pada tahun 2018. Namun sampai saat ini janji Abu Tours belum ditepati.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved