Kuasa Hukum Bos Abu Tours Sebut Kementerian Agama Tak Pikirkan Nasib 96 Ribu Calon Jamaah Umrah

Hendro mengakui jika klienya tidak punya keahlian dalam mengelolah perusahaan ini. Pengelolaan disebut seperti mengelolah warung kopi.

Kuasa Hukum Bos Abu Tours Sebut Kementerian Agama Tak Pikirkan Nasib 96 Ribu Calon Jamaah Umrah
sanovra/tribuntimur.com
CEO abutours, Muh Hamzah Mamba menggunakan rompi tahanan disela mengikuti sidang perdana kasus penipuan umroh Abutours di pengadilan negeri, Jl Kartini, Makassar, Rabu (19/9). Dalam sidang tersebut Muh Hamzah Mamba menggunakan sandal kulit Andrew jenis Remy model slip on seharga 1 juta di situs belanja online. Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan tersebut disaksikan ratusan jemaah atau agen yang menjadi korban. 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Tim Kuasa Hukum CEO PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours ) Hamzah Mamba, Hendro menyebut gagalnya 96 ribu calon jamaah pergi umrah tidak lepas dari tanggungjawan Kementerian Agama.

Kementerian Agama selaku pemerintah yang berfungsi mengawasi biro perjalanan haji dan umrah selama ini dianggap lalain dalam melaksanakan tugas dan fungsinnya.

Baca: TRIBUNWIKI:Ini Jasa-jasa Ratulangi untuk Indonesia, Sehingga Jadi Nama Jalan di Makassar

Baca: Pelanggan PDAM di Gowa Belum Terlayani Maksimal, Ini Penyebabnya

Baca: Kronologi Pembunuhan di Balanipa Polman, Bermula dari Larangan Menari

Hendro mengakui jika klienya tidak punya keahlian dalam mengelolah perusahaan ini. Pengelolaan disebut seperti mengelolah warung kopi.

"Cuma masalahnya ketika Abutours melakukan pelanggaran. Seharusnya pada tahun 2012 k sudah ada pengawasan Kementerian Agama untuk memberikan tindakan berupa prefentif ," paparnya

Kata Hendro seandainya Kementerian Agama langsung mengambil alih aset Abu Tours untuk memberangkatkan calon jamaah pada saat itu tanpa langsung mencabut izin, maka calon jamaah tidak bakal terlantar.

Baca: Fahri Hamzah Sebut Penahanan Ahmad Dhani Bakal Membuat Elektabilitas Jokowi Turun 5 %, ini Alasannya

Baca: Waspada, 5 Obat Darah Tinggi Ini Ditarik BPOM dari Peredaran, Bisa Beresiko Kanker

Baca: Kelurga 14 Korban Meninggal Akibat Banjir Jeneponto Terima Santunan Kemensos

"Dari awal juga seharusnya mengambil aset abutours, selamatkan jamaah Jamaah kasian. Sekarang Hamzah ditahan, nasib jamaah siapa yang mikirin, apakah Kementerian pikirkan, tidak dipikirkan," tegasnya.

Menurutnya jika hanya mengandalkan aset Abu Tours yang disita Kepolisian, dipastikan jamaah hanya mendapatkan Rp 300 ribu.

Hamzah Mamba dijatuhi vonis 20 tahun penjara, denda Rp 500 juta dan subsider satu tahun empat bulan kurungan atas dakwaan penggelapan dan pencucian uang 96 ribu calon jamaah.(*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube Kami: 

Follow juga akun instagram official Kami: 

Penulis: Hasan Basri
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved