Bawaslu Sinjai Ingatkan Kepala Desa Tidak Jadi Tim Sukses Caleg

Bawaslu Sinjai ingatkan para kepala desa dan aparat desa tidak terlibat langsung sebagai tim sukses calon anggota legislatif di Sinjai.

samba/tribun timur
Ketua Bawaslu Sinjai A Rusmin Kayyung. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN TIMUR.COM, SINJAI UTARA- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sinjai, Sulawesi Selatan A Rusmin Kayyung mengingatkan para kepala desa dan aparat desa tidak terlibat langsung sebagai tim sukses calon anggota legislatif di Sinjai.

A Rusmin Kayyung menjelaskan, kepala desa dilarang membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri, anggota keluarga, pihak lain, dan atau golongan tertentu serta dilarang ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan atau pemilihan kepala daerah.

Perbuatan kepala desa yang membuat kebijakan mengajak warga di desanya agar mendukung atau memilih seorang peserta pemilu dapat saja dianggap membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri, anggota keluarga, pihak lain, dan atau golongan tertentu atau merupakan keterlibatan kepala desa dalam kampanye Pemilu.

" Jadi aturannya jelas dan sanksi pidana berupa penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta," kata Rusmin, Senin (28/1/2019).

Sedang bagi aparat desa juga dilarang sebagai pelaksana dan tim kampanye. Dan sanksinya pasal 280 ayat 3, sanksinya sama dengan 490, diatur dalam pasal 494, jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini belum ada yang terlibat namun tetap akan di panta seluruh kepala desa dan aparat desa di Sinjai.

Baca: Suami Nia Ramadhani Kaya Melintir, Perlakuan Ardi Bakrie ke Anaknya Bikin Melongo & Netter Heboh

Baca: 5 Fakta Persib Bandung Hadapi Persiwa, Kiper Bikin Frustasi hingga Misteri Nomor Punggung Vizcarra

Baca: Blak-blakan Rocky Gerung Cuma Kritik Jokowi dan Alasannya Ingin Prabowo Subianto Menang Pilpres 2019

Subscribe untuk Lebih dekat dengan tribun-timur.com di Youtube:

Jangan lupa follow akun instagram tribun-timur.com

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved