Forum Diskusi Sarjana Perkapalan Unhas akan Gelar Dialog Maritim Awal Tahun di Jakarta

Dialog Maritim Forum Diskusi Sarjana Perkapalan Unhas yang pertama kali ini bakal dilangsungkan di Upnormal Coffee, Jakarta

Penulis: Alfian | Editor: Arif Fuddin Usman
dok forum diskusi perkapalan unhas
Forum Diskusi Sarjana Perkapalan Unhas saat menggagas dialog maritim bersama Ketua Perkumpulan Praktisi Maritim Indonesia (Pramarin) Sjaifuddin Tahir di kantor Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Jakarta, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebagai bentuk partisipasi penbangunan di bidang maritim di Indonesia, maka Forum Diskusi Sarjana Perkapalan Unhas (Universitas Hasanuddin) mengawali tahun 2019 ini dengan mengadakan Dialog Maritim.

Rencana Dialog Maritim Forum Diskusi Sarjana Perkapalan Unhas yang pertama kali ini bakal dilangsungkan di Upnormal Coffee, Jakarta, pada 14 Februari 2019 mendatang.

Kepada tribun-timur.com, dalam rilisnya Jumat (25/1/2019), salah seorang perumus Dialog Maritim ini, Lukman Rachman, mengatakan kegiatan dilandasi dari keinginan besar sarjana perkapalan Unhas berkontribusi pada program tol laut dan poros maritim yang dicanangkan pemerintah.

Baca: BPOM Temukan produk kosmetik Lipstik dengan Kandungan Berbahaya pewarna Merah K3, Pemicu Kanker

Baca: Hati-hati Pilih Waktu Mandi! Pada Jam-Jam Tertentu Tak Dianjurkan karena Bisa Picu Kematian

“Latar belakang kami akan mengadakan dialog ini tak lain melihat, program pemerintah yakni tol laut dan poros maritim setelah berjalan sekitar 4 tahun di Indonesia,” kata Lukman.

“Akan sangat tepat bagi kami, dari Forum Sarjana Perkapalan Unhas untuk mereview perkembangan kedua program tersebut sejauh ini dan updating terbarunya,” lanjutnya.

Dialog Maritim ini, jelas Lukman, mendapat dukungan saat panitia pelaksana bertemu dengan Ketua Perkumpulan Praktisi Maritim Indonesia (Pramarin) Sjaifuddin Tahir di kantor Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Jakarta, Jumat (25/1/2019).

"Pramarin menyambut baik kegiatan ini dan akan berpartisipasi. Unhas yang pertama mengadakan hal seperti ini setelah sekian lama vakum. Momennya juga bagus untuk melihat kembali program tol laut dan poros maritim," kata Sjaifuddin Tahir.

Key Player

Acara ini juga akan menghadirkan beberapa key player atau pemain kunci di bidang kemaritiman seperti dari Kementrian Perhubungan, Kementrian Perindustrian, Indonesian National Shipowners' Association (INSA), Ikatan Perusahaan Industri Kapal Indonesia (Iperindo), dan lainnya.

Baca: Hati-hati Berolahraga! Lakukan 5 Kesalahan Ini, Bukannya Awet Muda, Tapi Bikin Cepat Tua!

Baca: VIRAL! Berita Pegowes Meninggal Dunia Akibat Makan Durian, Hoax Atau Tidak? Ini Penjelasannya

Ketua Panitia Pelaksana Hartadi mengatakan, pihak panitia sudah siap menggelar Dialog Maritim yang akan digelar pada 14 Februari 2019 mendatang.

"Kami sudah mengkonfirmasi kepada para undangan dari praktisi dan pemain utama dalam program tol laut dan poros maritim. Kami akan membuatnya dialog sesantai mungkin dengan suasana yang berbeda dengan kegiatan-kegiatan sejenis," ujarnya.

Salah seorang penggagas diskudi, Dr Ir Isradi Zainal MT CAAE menambahkan bahwa berbicara tentang tol laut dan poros maritim tentunya tak bisa meninggalkan industri perkapalan di Nusantara.

“Jadi selama ini mungkin masih fokus pada proses pelayaran atau perpindahan barang dengan tujuan harga satu sama, namun sejatinya industri perkapalan juga bisa memainkan peranan strategis. Karena pusat teknologi maritim itu ada di dunia perkapalan,” ujarnya. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube Kami:

Follow juga akun instagram official Kami:

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved