KPU Makassar Peringatkan Relawan Demokrasi Independen

Selain itu, mereka juga mendapatkan materi alur data pemilih, ada gender, dan karakteristik pemilih, publik speaking, dan strategi sosialisasi pemilih

KPU Makassar Peringatkan Relawan Demokrasi Independen
hasim/tribuntimur.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 55 relawan demokrasi kota Makassar di Kantor Badan Pengembangan SDM, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sulsel, Rabu (23/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 55 relawan demokrasi kota Makassar di Kantor Badan Pengembangan SDM, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sulsel, Rabu (23/1/2019).

Mereka mendapatkan materinya tentang demokrasi, Pemilu dan partisipasi masyarakat sipil.

Selain itu, mereka juga mendapatkan materi alur data pemilih, ada gender, dan karakteristik pemilih, publik speaking, dan strategi sosialisasi pemilih.

Baca: Meninggal Dunia, Begini Perjuangan Nenek Nurjanna Gendong Cucu Terjang Banjir Sungai Jeneberang

Baca: Bupati Pangkep Kunjungi Korban Banjir di Pangkajene dan Marang

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, para relawan demokrasi juga dibekali dengan materi teknis kepemiluan.

Seperti, pengetahuan dasar soal aturan-aturan kampanye, kemudian tata cara mencoblos yang wajib disampaikan kepada masyarakat.

Endang berharap, relawan demokrasi ini dapat menjalankan fungsinya menjadi bagian dari KPU untuk membantu mensosialisasikan tahapan Pemilu, mensosialisasikan pentingnya masyarakat menggunakan hak pilih pada Pemilu.

Baca: Aryo Setyoso: Gegara Banjir Tekanan Inflasi Januari 2019 Diperkirakan Lebih Tinggi

Sosialisasi itu, diharap bisa menjanhkau 11 basis Pemilih strategis.

Di lain sisi, Endang menegaskan, bahwa para relawan ini sudah terikat pakta integritas dengan KPU.

"Mereka harus independen serta tidak partisan. Andai dikemudian hari ditemukan ada yang menunjukkan pemihakan kepada peserta Pemilu, baik Calon Legislatif (Caleg), Partai Politik (Parpol), dan kandidat Presiden dan wakil Presiden RI," katanya.(*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube Kami: 

Follow juga akun instagram official Kami: 

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved