CITIZEN REPORTER

Kader Inklusi Nusantara Rembug Nasional di Wisma PKBI, FJI Sulsel Raih Award

Kegiatan ini berlangsung sejak 15 hingga 18 Januari 2019. Kegiatan ini dirangkaikan perayaan Ulang Tahun Ke-61 PKBI.

Penulis: CitizenReporter | Editor: Jumadi Mappanganro
Dokumen FJI Sulsel
Para tokoh dan pendamping kader inklusi penerima award PKBI di Wisma PKBI, Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung sejak 15 hingga 18 Januari 2019. 

Rubhy Sudikio
Forum Jurnalis Inklusi (FJI) Sulsel
Melaporkan dari Jakarta

Sekitar 150 pegiat inklusi dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Rembug Nasional Kader Inklusi Nusantara di Wisma PKBI, Jl Hang Jebat 111/ F3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini berlangsung sejak 15 hingga 18 Januari 2019.

Rembug ini digelar Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), organisasi berbasis kerelawanan yang terbuka untuk semua orang tanpa memandang suku, ras, agama, orientansi, seksual, jenis kelamin, gender, status ekonomi dan sosial serta latar belakang pendidikan.

Baca: 2018, 673 Pasangan Bercerai di Bulukumba, Banyak Gara-gara Medsos

PKBI juga aktif menggalang kemitraan dalam membangun jejaring dengan ratusan organisasi sosial untuk isu-isu kelompok masyarakat dikucilkan secara sosial serta berkontribusi mendorong akses layanan di lima dimensi keluarga yaitu kelahiran, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan masa depan.

Kegiatan yang dirangkaikan perayaan Ulang Tahun Ke-61 PKBI ini dibuka Ketua Pengurus Nasional PKBI Dr Ichsan Malik.

Dalam sambutannya, Ichsan mengatakan, selama ini masyarakat ikut berpartisipasi dalam membangun gerakan masyarakat inklusi dengan mendirikan forum-forum kelompok marginal sejak 2014.

Baca: Pengalaman Belajar di Jepang, Inovasi dari Kongkow-kongkow

Pada acara, PKBI juga memberikan apresiasi atau award kepada sejumlah akademisi, tokoh lintas agama, pendamping kader yang ikut memberikan kotribusi pemikiran dalam menjamin keberlangsungan program.

Award serupa juga diberikan kepada perwakilan forum jurnalis yang berperan memproduksi dan menyebarluaskan informasi secara luas.

Salah satunya diterima Forum Jurnalis Inklusi (FJI) Sulawesi Selatan.

Baca: Kanwil Kemenag Sulsel Setuju Kepsek Dicopot Jika Ada Siswanya Tidak Tahu Mengaji

Rembug ini antara lain diikuti delegasi dari tujuh provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan NTT.

Hadir juga Kementrian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementrian Kesehatan Subdit Kesehatan Keluarga, Direktur Jendral Pemasyarakatan, Direktur Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas),The Asian Foundation (TAF), dan beberapa stakholder lainnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved