VIDEO: TRC BPBD Wajo Ajari Anak TK di Belawa Kenal Bencana

Selain pemberian pemahaman, TRC BPBD Kabupaten Wajo juga memasangkan jalur evakuasi dan titik kumpul, serta memberikan simulasi

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo menggelar sekolah aman bencana, Minggu (13/01/2019).

Sekolah aman bencana tersebut digelar di Raodhatul Athfal/Taman Kanak-kanak 3 Belawa, Kabupaten Wajo.

Menurut Koordinator TRC BPBD Wajo, Ardi Anugrah, yang juga selaku fasilitator, kegiatan sekolah aman bencana tersebut dimaksudkan agar sekolah-sekolah memiliki pendidikan kebencanaan.

"Bagaimana mengenali jenis bencana, mengetahui kerentanan dan antisipasinya, mengetahui risiko, serta meningktakan kapasitas warga sekolah dalam mengantisipasi dampak bencana," katanya kepada Tribunwajo.com, Minggu (13/01/2019).

Selain pemberian pemahaman, TRC BPBD Kabupaten Wajo juga memasangkan jalur evakuasi dan titik kumpul, serta memberikan simulasi apabila terjadi bencana.

"Kita ajak siswa, gurunya, pengurus komitenya, serta orang tua siswa untul terlibat," katanya.

Di RA/TK 3 Belawa, ada 135 siswa, 90 orang tua siswa, 10 guru yang turut berpartisipasi dalam program sekolah aman bencana tersebut. Rencananya, sekolah aman bencana tersebut bakalan digiatkan di sejumlah sekolah di Kabupaten Wajo.

"Program ini akan jalan terus. Kita sudah lakukan di SDN 01 Paduppa, SDN 2 Lamaddukelleng, dan SMPN 5 Pammana," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved