Wagub Sulbar dan 5 Bupati Deklarasi Dukung Jokowi, Bawaslu: Tak Ada Saksi

Pemeriksaan ini buntut laporan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR), atas dugaan kampanye terselubung yang diduga

Wagub Sulbar dan 5 Bupati Deklarasi Dukung Jokowi, Bawaslu: Tak Ada Saksi
Screenshot akun FB Hidayat Nur Wahid
Wagub Sulbar dan 5 Bupati Deklarasi Dukung Jokowi

Laporan Wartawan Tribun Timur, Edyatma Jawi

TRIBUNSULBAR.COM, SULBAR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Kedatangan Anies untuk memberikan keterangan terkait dugaan kampanye terselubung.

Kejadian itu berlangsung saat Anies menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul, Jawa Barat pada 17 Desember 2018.

Dalam acara tersebut, ia mengacungkan ibu jari dan jari telunjuk mirip simbol pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pemeriksaan ini buntut laporan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR), atas dugaan kampanye terselubung yang diduga dilakukan Anies Baswedan.

Anies Baswedan dituding menyalahgunakan jabatan sebagai kepala daerah untuk mengampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2019.

Menurut Pasal 281 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kepala daerah dilarang menggunakan fasilitas jabatannya untuk berkampanye.

Sementara Ayat 2 pasal yang sama menyebutkan, kepala daerah yang hendak berkampanye harus mengambil cuti jika dilakukan pada hari kerja.

Pasal 547 Undang-Undang Pemilu juga menyebutkan pejabat negara mengambil keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye.

Halaman
123
Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved