Prestasi Unhas Awal 2019, Prodi Spesialis Neurologi Raih Akreditasi A! Bagaimana 17 Prodi Lainnya?

Dari 17 prodi di FK dan FKG tersebut, 14 diantaranya berhasil memperoleh akreditasi A dan 3 sisanya mendapatkan akreditasi B.

Prestasi Unhas Awal 2019, Prodi Spesialis Neurologi Raih Akreditasi A! Bagaimana 17 Prodi Lainnya?
tribun timur/muhammad abdiwan
Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu didampingi Direktur Komunikasi Suharman Hamzah PhD saat acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dekan, Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, Ketua dan Sekretaris Departemen, serta Kepala UPT Pusat Bahasa di lingkungan Unhas di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas, Kamis (29/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Program Studi Spesialis Neurologi Fakultas Kedokteran Unhas berhasil meraih status akreditasi A. Ini merupakan kali pertama prodi spesialis neurologi mengikuti proses akreditasi.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah PhD dalam riliske tribun-timur.com, Selasa (8/1/2019), mengatakan, hasil akreditasi ini baru saja diterima melalui Surat Keputusan Ketua LAM-PTKes tertanggal 30 Desember 2018.

"Akreditasi A tersebut berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0799/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2018. Berlaku selama 5 tahun sampai dengan 29 Desember 2023. Prodi Spesialis Neurologi telah divitasi pada bulan November 2018 lalu," kata Suharman.

Baca: KM Sabuk Nusantara 39 yang Terhempas Tsunami Sulteng, Bakal Beroperasi Kembali! Ini Proses Penurunan

Baca: KETERLALUAN, Wanita Asal Bone Ini Kejar Parang Suami Kalau Kehabisan Uang! Begini Ceritanya

Sejak berlakunya keharusan akreditasi tersendiri bagi program spesialis sejak 2 tahun terakhir, ada sebanyak 17 prodi spesialis di Unhas yang mengajukan akreditasi dan telah divisitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Dari jumlah itu, 14 prodi di Fakultas Kedokteran dan 3 di Fakultas Kedokteran Gigi. Dari 17 prodi tersebut, 14 diantaranya berhasil memperoleh akreditasi A dan 3 sisanya mendapatkan akreditasi B.

"Dengan demikian, prosentase akreditasi A untuk program spesialis mencapai 82,35%. Kita telah melewati target PTN-BH yaitu minimal 80%," kata Suharman dalam rilis Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman.

Selain 17 prodi tersebut yang telah memperoleh akreditasi dari LAM-PTKes, Unhas terus mendorong prodi spesialis lain untuk segera mengikuti proses akreditasi.

“Dalam waktu dekat, beberapa prodi tersebut akan segera menyelesaikan borang prodi dan selanjutnya menunggu visitasi dari asesor LAM-PTKes,” lanjut Suharman.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa untuk rumpun ilmu kedokteran telah memiliki lembaga akreditasi mandiri yakni LAM PTKes, sehingga seluruh proses akreditasi prodi atau fakultas tidak lagi dari BAN-PT.

Baca: Yuk Kenal Lebih Dekat Indo Botting Putra Gubernur Nurdin Abdullah, Karyanya Pernah Dipakai Jokowi

Baca: Viral Oknum Atasnamakan Suporter PSM Ikut Deklarasi Dukung Paslon Presiden, Ini Reaksi Suporter KVS

Halaman
123
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved