Makan Rambutan Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini 7 Khasiat Makan Rambutan

Selain itu, rambutan juga ampuh dalam meredakan berbagai bentuk peradangan seperti asam urat, sakit kepala hingga sakit perut.

Makan Rambutan Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini 7 Khasiat Makan Rambutan
handover
Buah rambutan 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Di awal tahun 2019 ini, Kota Makassar dan sekitarnya mulai dibanjiri buah rambutan. Para pedagang Rambutan musiman menjamur di beberapa ruas jalan di Kota Makassar.

Buah rambutan ini umumnya dipasok dari daerah tetangga Makassar, Gowa yang memang lagi panen raya rambutan.

Selain rasanya yang manis dan daging yang tebal, buah rambutan juga ternyata memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh.

Berikut tujuh manfaat buah rambutan yang jarang diketahui:

1. Meredakan demam dan radang
Di tiap buah rambutan mengadung zat anekdotal yang kuat. Dalam pengobatan tradisonal Cina, anekdotal dalam rambutan sangat ampun dalam menghentikan demam dalam tubuh. Selain itu, rambutan juga ampuh dalam meredakan berbagai bentuk peradangan seperti asam urat, sakit kepala hingga sakit perut.

2. Menangkal penyakit jantung
Rambutan akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sudah memasuki kepala tiga atau empat. Di tahap ini, penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung dapat muncul secara tiba-tiba. Nah, rambutan mengandung vitamin C yang dapat memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak, sehingga serangan jantung dapat ditangkal.

3. Anti sembelit
Kamu punya masalah dengan sembelit? Well, rambutan siap bantu menyembuhkannya. Meski nggak memiliki serat sebanyak buah-buah lain, rambutan hadir dengan kandungan mineral yang dapat menstimulasi gerakan peristaltik untuk melancarkan pencernaan. Sehingga, buang air pun akan terasa lebih lancar daripada sebelumnya.

4. Pacu metabolisme tinggi
Selain vitamin C, rambutan juga mengandung vitamin B yang banyak. Nah, fungsi dari vitamin B pada rambutan adalah untuk meningkatkan metabolisme dalam untuk yang dapat berguna bagi kamu saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kadar gulanya pun bakal jadi energi cadangan setiap hari.

5. Penyembuh hipertensi
Pengidap hipertensi atau darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi yodium. Nah, sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi lebih banyak rambutan karena memiliki vitamin C yang siap mengangkat zat jahat dalam darah.

6. Merawat ginjal
Sebagai pusat dari detoksifikasi, ginjal adalah organ dalam tubuh yang cukup krusial. Jika rusak, maka racun-racun dalam tubuh akan mudah tersebar dan mengganggu jaringan lainnya. Rambutan memiliki peran untuk merawat ginjal. Mineral fosfor dalam rambutan siap menetralkan racun dan membantu ginjal bekerja dengan sempurna.

7. Lawan kanker
Manfaat yang terakhir sangat penting bagi usaha dunia melawan kanker. Meski ukurannya kecil, rambutan sangat dianjurkan dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Kenapa? Di dalam rambutan, terdapat zat anti kanker yang siap membantu tubuh kamu melawannya.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved