Pena 98 Sebar Puluhan Spanduk di Makassar Terkait Freeport

Ketua Presidium Pena 98 Sulsel Hasbi Lodang mengatakan, pemasangan spanduk ini dilakukan sejak Senin malam hingga Selasa (25/12/2018) dini hari.

Pena 98 Sebar Puluhan Spanduk di Makassar Terkait Freeport
Dokumen Pena 98
Spanduk yang disebar Pena 98 di Kota Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Persatuan Nasional Aktivis (Pena) 98 Sulawesi Selatan memajang puluhan spanduk di sejumlah titik dalam Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Setiap spanduk tersebut berisi tulisan "Terima Kasih Pak Jokowi Telah Mengambil Alih Freeport Menjadi Milik Indonesia".

Ketua Presidium Pena 98 Sulsel Hasbi Lodang mengatakan, pemasangan puluhan spanduk itu dilakukan sejak Senin (24/12/2018) malam hingga Selasa (25/12/2018) dini hari.

"Kami lakukan ini sebagai wujud apresiasi atas pembelian 51 persen saham Freeport dan telah lunas oleh Pemerintah Indonesia," ujar Hasbi yang menghubungi Tribun via telepon beberapa menit lalu.

Menurut Hasbi, pihaknya termasuk yang sejak lama telah mendesak Pemerintah Indonesia mengambil Freeport sebagai aset nasional.

"Setelah 50 tahun Freeport beroperasi di negeri ini, Indonesia baru bisa mengendalikan perusahaan ini setelah menjadi pemilik saham mayoritas," kata Hasbi yang juga Pembina Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sulsel.

Pospera adalah salah satu tim sukses Jokowi-JK di Sulsel pada Pilpres 2014 lalu.

Inalum
Pada Jumat (21/12/2018) lalu, PT Inalum (Persero)meningkatkan kepemilikannya di PT Freeport Indonesia (PTFI) dari 9.36% menjadi 51% dengan membayar US$ 3.85 miliar atau Rp 55 triliun.

Inalum adalah Holding BUMN di sektor pertambangan.

Dengan pembelian itu, maka Inalum telah sah menjadi pemilik mayoritas PTFI. Komposisi komisaris dan direksi PTFI pun berubah.

Kepala Komunikasi Korporat dan Hubungan Antar Lembaga Inalum, Rendi A. Witular, menyebut kekayaan PTFI senilai Rp 2,400 triliun hingga 2041.

"Setelah 2022, laba bersih PTFI diproyeksikan sebesar Rp 29 triliun per tahun berdasarkan asumsi yang sangat konservatif," tulis Rendi dalam keterangan tertulisnya kepada media, Minggu (23/12/2018). (*)

Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved