VIDEO: Badik Andi Pangerang Pettarani Dipamerkan di Fort Rotterdam

Sebanyak 248 badik dan keris (Bilah Pusaka) dipamerkan di Benteng Fort Rotterdam, Jl Ujung Pandang, kota Makassar

Laporan wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASAR - Sebanyak 248 badik dan keris (Bilah Pusaka) dipamerkan di Benteng Fort Rotterdam, Jl Ujung Pandang, kota Makassar, Minggu (23/12/2018)

Pameran Bilah Pusaka ini diadakan oleh The Bugis Makassar Polibessi Club (TBMPC) dalam rangka milad komunitas bilah ini.

Ketua Panitia, Drg Muhammad Taufiq Akbar mengatakan kegiatan ini sebagai ajang edukasi kepada masyarakat, bahwa badik ini bagian dari peninggalan budaya bugis makassar.

Keris pusaka Andi Pangerang Petta Rani di pamerkan di Benteng Fort Rotterdam Makassar, Jl Ujung Pandang, kota Makassar, dalam acara pameran bilah pusaka oleh komunitas The Bugis Makassar Polibessi Club (TBMPC).
Keris pusaka Andi Pangerang Petta Rani di pamerkan di Benteng Fort Rotterdam Makassar, Jl Ujung Pandang, kota Makassar, dalam acara pameran bilah pusaka oleh komunitas The Bugis Makassar Polibessi Club (TBMPC). (saldy/tribun-timur.com)

"Jadi badik ini bagian dari sejarah, jangan sampai budaya inindi identikkan sebagai alat kriminal," katanya.

Dalam pameran ini, TBMPC tidak sekedar memamerkan badik bugis makassar, tapi juga menghadirkan badik dan keris dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari negara Malaysia, Singapura, dan Brunai Darussalam.

Ia menambahkan badik ini menurut filosofi bugis makassar adalah jati diri seseorang.

Olehnya itu Taufiq mengatakan bahwa budaya ini harus dijaga, dan dilestarikan, sehingga karakter kebugisan dan makassar tidak pundah di era modern.(*)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved