Siapa Presiden Pengelola Utang Negara Terbaik? Begini Pandangan TKN Jokowi-Maruf Amin

ia melihat dan mempelajari bagaimana para presiden dan mantan presiden mengelola utang, dan ternyata Jokowi yang Ia anggap terbaik.

Siapa Presiden Pengelola Utang Negara Terbaik? Begini Pandangan TKN Jokowi-Maruf Amin
tribun timur/muhammad abdiwan
Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulawesi Selatan, pasangan capres Jokowi-Ma'ruf Amin, bertandang ke Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Jumat (21/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut Jokowi sebagai presiden dengan kemampuan mengelola utang negara terbaik di antara seluruh presiden Indonesia ini.

Hal itu diutarakan Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding saat bertamu ke kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Jumat (21/12/2018).

Menurut Abdul Kadir, ia melihat dan mempelajari bagaimana para presiden dan mantan presiden mengelola utang, dan ternyata Jokowi yang Ia anggap terbaik.

Baca: GMTD Berbagi, Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMAN 20 Barombong

Baca: Sebanyak 543.646 DPT Bone Bakal Nyoblos di 2.234 TPS, Segini Kotak Suaranya?

"Isu utang saya pelajari, sejak zaman Presiden Soekarno pernah di atas 70 persen dari PDB kita, bahkan di zaman Habibi hampir 90 persen karena saat itu masa transisi dan krismon, sedangkan Pak Jokowi ini 29,74 persen," kata dia.

Ia juga membandingkan dengan Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudoyono yang meskipun persentasenya lebih rendah, tapi pemanfaatannya masih lebih baik Jokowi.

"Memang di Zaman SBY cuma 24 persen, tapi bedanya penghasilan kita lebih tinggi hari ini. Kedua kita punya kemampuan bayar luar biasa, dan utang ni terus berkurang," imbuhnya.

"Sebenarnya pengelolaan utang terbaik itu jaman jokowi. Dulu utang untuk kepentingan konsumtif seperti subsidi BBM dan pembangunan yang tidak penting, tapi kalau hari ini, seluruh utang bermuara di pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, intinya yang produktif," tandasnya. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun instagram official kami:

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved