Direktur Castourindo Minta Pemerintah Bekukan VS Tasheel

Dimana VFS Tasheel yang ditujukan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk melakukan perekaman biometrik dinilai kurang koordinasi dengan Kementerian Agama

Direktur Castourindo Minta Pemerintah Bekukan VS Tasheel
TRIBUN TIMUR/HASRUL
Direktur Utama Castourindo H Agus Sofyan, Jumat (11/5/2018) saat peresmian kantor cabang Castourindo yang pertama di Makassar di hadapan puluhan tamu undangan. Kantor cabang Castourindo beralamat di Jl Cendrawasih No.430 Makassar (Gedung Lama Tribun Timur).(*) 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR - Direktur Utama PT Kasturi Mandiri Wisata atau Castourindo, H Agus Sofyan menilai sistem biometrik merupakan sistem yang baik namun secara fasilitas belum siap.

"Sebagai pelaku umrah resmi dari Kemenag, sebenarnya sistem itu bagus, yang tidak bagus karena Visa Facilitating Services (VFS) Tasheel tidak jeli dalam studi kelayakan," kata Agus Sofyan saat dikonfirmasi Tribun Timur, Kamis (20/12/2018).

Dimana VFS Tasheel yang ditujukan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk melakukan perekaman biometrik dinilai kurang koordinasi dengan Kementerian Agama dalam menentukan jumlah kantor pelayanan.

Sehingga jumlah kantor VFS Tasheel di Indonesia sangat terbatas hanya satu disetiap provinsi itupun di ibu kota provinsi sehingga calon jamaah umrah kesulitan untuk melakukan perekaman biometrik.

"Harusnya mereka tahun antusias masyarakat untuk umrah, bayangkan seperti di Riau Kepulauan mereka hanya punya satu kantor di Pekanbaru dari puluhan pulau, nah mereka ini orang-orang melayu yang sering umrah," tutur Agus Sofyan.

Ia pun berharap pemerintah jeli melihat kondisi ini dengan mengambil tindakan memblok layanan VFS Tasheel sampai mereka siap memberikan pelayanan maksimal kepada calon jamaah umrah Indonesia.

"Satu kata bekukan dulu VFS Tasheel sampai mereka siap melayani seluruh provinsi dan benar-benar siap melayani masyarakat bukan mala menjadi kezaliman dimana calon jamaah haru menunggu 12 hingga 15 jam untuk biometrik," pungkas Agus Sofyan.

Castourindo adalah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang telah mengantongi izin dari Kemenag dan memiliki kantor cabang di Makassar tepatnya di Jl Cendrawasih No.430 Makassar.

Penulis: Hasrul
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved