Sulsel Berpontensi Diguyur Hujan Deras Hingga Malam Tahun Baru

Wilayah Sulawesi Selatan diguyur hujan deras beberapa hari terakhir. Hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat mulai pagi hingga sore hari.

Sulsel Berpontensi Diguyur Hujan Deras Hingga Malam Tahun Baru
TRIBUN TIMUR/DARUL AMRI
Prakirawan BMKG Makassar, Siswanto 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Wilayah Sulawesi Selatan diguyur hujan deras beberapa hari terakhir. Hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat mulai pagi hingga sore hari.

Menurut prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Siswanto kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga malam tahun baru.

"Saru minggu ke depan hujan berpeluang besar terjadi di seluruh wilayah Sulsel,"kata Siwanto.

Menurut Siswanto hujan beberapa hari ke depan berpotensi mengalami peningkatan. Hal itu berdasarkan dari pengamatan BMKG.

Siswanto menyebut untuk hari ini hujan turun hampir mengguyur seluruh wilayah Sulsel dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan pengamatan satelit BMKg hujan turun di wilayah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Sinjai, Bone, Bulukumba, Diutara Palopo Malili, dan Makale

Selain hujan deras, di wilayah Sulsel juga berpotensi dilanda angin kencang atau puting beliung.

Berdasarkan data citra radar BMKG angin kencang ini terjadi karena adanya awan cb (comulusnimbus).
Awan seperti ini selain membentuk hujan, juga menghasilkan guntur dan angin kencang.

Sementara itu kelembaban pada lapisan 500mb 700mb hingga 850 mb antara 90 hingga 100%. Ini menunjukan bahwa memang lapisan atsmosfer terutama di perairan selat makasar dalam kondisi labil.

"Tapi ini hal yang memang sering terjadi pada saat musim penghujan yang biasanya di ikuti oleh angin kencang secara tiba tiba," ujarnya.

Siswanto mengimbau dengan kondisi cuaca buruk yang sementara terjadi, meminta masyarakat tetap hati2 dalam berkendara di musim hujan ini, siapkan kendaraan dgn baik sebelum berkendara.

"Perlu kesabaran dalam berkendara ketika musim hujan apalagi kondisi jalanan macet," harapnya.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved