Gagal Panen Akibat Banjir, Petani Belakang Grand Mal Harap Bupati Beri Solusi

Sawah seluas tiga hektare milik warga, kerap kebanjiran setelah berdirinya Grand Mal.

Gagal Panen Akibat Banjir, Petani Belakang Grand Mal Harap Bupati Beri Solusi
Dok Ketua RT 6 Haji Banca II, Hamka Nursal
Sawah yang berada di belakang Grand Mal Batangase, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai, Maros, gagal panen akibat banjir. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Dua tahun terakhir, Sawah yang berada di belakang Grand Mal Batangase, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai, Maros, gagal panen akibat banjir.

Sawah seluas tiga hektare milik warga, kerap kebanjiran setelah berdirinya Grand Mal. Sawah yang dulunya produktif, saat ini sudah tidak bisa diandalkan.

Ketua RT 6 Haji Banca II, Kelurahan Bontoa, Hamka Nursal berharap, Bupati Maros Hatta Rahman segera bertindak dan mencarikan solusi, supaya sawah tidak terendam banjir dan gagal panen, Senin (17/12/2018).

Baca: Mahasiswa Tutar Unjuk Rasa Kantor Bupati Polewali Mandar

Baca: Tanamkan Doktrin Nasionalisme, Banser Pinrang Gelar Diklatsar

Baca: Foto-foto Pernikahan DJ Butterfly di Hotel Mewah, Nuansa Pernikahan Ungkap Identitas Suami?

Jika hal tersebut tidak dilakukan Hatta, petani memastikan akan kembali gagal panen dan merugi puluhan juta rupiah..

"Warga kami meminta kepada Pak Bupati, untuk segera memberikan solusi banjir di belakang Grand Mal. Kasihan petani, yang selalu rugi akibat kebanjiran," katanya.

Pihak perusahaan telah menutup pembuangan air dari sawah ke draninase. Jika hujan, ketinggian air akan menengelamkan padi.

"Sawah kami seluas tiga hektare sering tenggelam. Petani di belakang Grand Mal tidak pernah lagi berhasil memanen padinya. Sudah dua selalu rugi," katanya.

Meski gagal panen, petani tidak pernah mendapat ganti rugi dari pihak perusahaan. Setiap tahun petani rugi puluhan juta.

Beberapa kali, Hamka protes ke pihak mal dan pemerintah, namun pihak Kelurahan Bontoa dan Kecamatan tidak pernah merespon.

Halaman
12
Penulis: Ansar
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved