Penerimaan Siswa Baru Berubah, Disdik Makassar: Harus Dikaji Lebih Dalam

Konsep ini pun nanti tertuang di perpres dan sedang dimatangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penerimaan Siswa Baru Berubah, Disdik Makassar: Harus Dikaji Lebih Dalam
Fahrizal/tribun-timur.com
Plt Kadisdik Makassar, Hasbi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pola sistem zonasi sekolah untuk tahun ajaran 2019 kembali mengalami perubahan, khususnya untuk proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Wacananya adalah, siswa nantinya tidak perlu lagi datang dan mendaftar ke sekolah tujuan sesuai dengan zonasinya.

Konsep ini pun nanti tertuang di perpres dan sedang dimatangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menanggapi rencana tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasbi mengaku masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan sebelum membahas lebih lanjut rencana ini.

"Ini belum turun juknisnya, kita tunggu saja juknisnya. Tapi gambarannya seperti yang disampaikan Pak Menteri. Yang dimaksud zonasi, anak sekolah di sekolah terdekat dari rumahnya, dan tidak lagi datang mendaftar ke sekolah," ungkap Hasbi, Rabu (12/12/2018).

Hasbi menjelaskan, PPDB sebanarnya sudah berbasis zonasi, namun untuk rencana ke depan, zonasi ada penyempurnaan dibanding dulu. 

"Salah satu yang disempurnakan adalah calon murid tak lagi datang ke sekolah mendaftar, tapi calon murid tinggal menerima, atau bisa jadi didatangi sekolah tempatnya nanti dia akan sekolah di zona itu," kata dia.

Menurut Hasbi, rencana sistem penerimaan siswa yang baru ini tidak bisa serta merta diterapkan, harus ada kajian karena tentu kondisi masing-masing daerah berbeda. 

Ia mencontohkan di Kota Makassar, ada ketimpangan antar jumlah SD dan SMP, belum lagi ada kecamatan yang tak miliki SMP.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved